>Aris;
>   Mas Dede, aris pengen tahu apa komentar mas Ulil terkait dengan blok
> Cepu yang jatuh pada Exxon Mobil, Freeport, RUU revisi perburuhan, hutang
> Indonesia, jeratan IMF, kedatangan Tony Blair, Rice, John Howard.
> Kira-kira apa ya pandangan beliau mengenai ketiga tokoh tersebut.
===========

pasti pandangannya berbeda dengan pandangan anda, hahahaha
(becanda ya).

sejauh ini saya tak pernah mendengar ulil berkomentar soal-soal di atas.
memang tak perlu. dia mungkin sadar tak kompeten bicara soal-soal itu.

dia memang tak perlu berlaku seperti orang lain yang senang main politik.
suka berlaku seperti kunci inggris yang suka komentari isu apa saja,
kendati tak kompeten (tak tahu ilmunya).

>    Apa solusi beliau mengenai masalah-masalah actual dan faktual di dunia
> internasional maupun Indonesia?
=========

berat sekali seorang ulil harus memberi solusi atas
masalah-masalah aktual di dunia. apalagi tak ada yang
menggaji dia untuk melakukan pekerjaan itu hahahaha.

>   Apalagi ditinjau ide, maka bukankah sebenarnya masa sekarang ide-ide
> mas Ulil yang sejalan liberalisme, demokrasi, pluralisme, sekularisme
> -yang merupakan akar masalah di dunia- sudah diadopsi hampir semua
> negara.  Aris juga pengen tahu komentar pribadi mas Dede mengenai semua
> itu. Bolekah aris tahu?
========

komentar saya baca posting-posting yang lalu saja.
malas saya jadi kaset dobol hahahaha.

>   Komentar mas Ulil, kalau aris amati kebanyakan counter terhadap pro
> syariah. Jika ada yang terlihat isu syariah dan khilafah  mencuat, baru
> mas Ulil buat komentar. Kalau nggak adem ayem saja, maaf lho ya.
> Ditunggu.Terima kasih
=========

apakah anda keberatan orang berkomentar tak setuju terhadap
syariah dan khilafah? wong seperti demokrasi, itu juga cuma
hasil pemikiran manusia yang profan alias tak suci kok.

salam,