From: ppiindia@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Robertus Budiarto
Sent: Monday, May 22, 2006 2:23 PM
To: ppiindia@yahoogroups.com
Subject: BUKTI Kaum Fundamentalis TIDAK BISA OBYEKTIF [ppiindia] Re: Catatan Pinggir TEMPO: AHMADINEJAD

Hallo Mbak Aris,

  GM ini lagi nyemash si Kristen Fundamentalis di Amerika dan di mana saja. Aku tahu sampeyan ini Fundamentalis tapi kan Islam.  Lah kok sampeyan ikut-ikutan rewel???    Orang tulis gini rewel, orang tulis gitu rewel, maunya apa sih, kaya balita aja!   Tapi balita jenius loh...  bisa ngetik komputer .he.he..he..

  Mbak sampeyan ini malah membuktikan bahwa terlalu fanatik sama agama itu nyebabin orang kagak bisa obyektif.

  Tip dan saran: Semua manusia memiliki kelemahan.
  Coba latih diri anda dengan menulis kelemahan kelompok anda sendiri, atau diri anda sendiri.  Kemudian coba anda memerankan manusia Kristen atau Hindhu Indonesia di Bali. Coba melihat dari "kacamata" orang lain.

  Mudah-mudahan dengan demikian komentar anda bisa lebih baik di masa depan.
                                          ------------------------------

  Hallo Mas Satrio,

  Mas Satrio, saya hargai sumpah setia anda pada fakta. Wartawan haruslah berpegang pada fakta, jangan seperti si Adian Husaini atau koran Republika yang sektarian itu. Dikau mungkin benar bahwa Ahmadiyah ...eh... Ahmadinejad tidak pernah mau membikin senjata nuklir. Tapi dikau tidak benar menyalahkan GM dengan memetik fakta tersebut. Anda memetik sekuntum kata-kata dari tulisan GM lalu mewarnainya dengan kecurigaan anda sendiri.  Tidak percaya?? Mari kita lihat lagi alinea tersebut:

  "....  Saya duga mereka akan bergembira melihat presiden negeri itu: kulitnya gelap, matanya menatap dari rongga yang dalam, cambangnya yang kencang, dan kata-katanya muram mengancam akan menghancurkan Israel dan menyiapkan senjata nuklir. ........"

  Dengan kata-kata "Saya duga MEREKA akan bergembira MELIHAT...."  maka GM sedang MENGGAMBARKAN PERSPEKTIF Kristen Fundamentalis di Amerika, dengan sangat tepat malah.

  Jelas di sini GM tidak menuduh Ahmadinejad!

  Bagaimana Bung Rio?  You see the difference, I hope!

  Mas Rio, sikap kritis anda pada GM aku hormati dan aku dukung. Aku jg nggak selalu setuju dgn GM.  Tapi saat ini aku mesti mengatakan bahwa kritik anda tidak pada tempatnya.  (By the way, anda pernah tidak mengkritik atau mengirim surat pembaca ke koran Republika atau Sabili? Banyak tuh tulisan ngawur di sana)

  Bukan hanya karena baca buku Edward Said aku sering curiga sama media, tetapi juga sikap yang SANGAT tidak obyektif dari para wartawan yang membuatku begitu, misalnya wartawan-wartawan Republika hingga wartawan buletin Sabili.

  OK Bung Rio, semoga tetap kritis.  Aku harapkan itu, aku tuntut itu, sebagai konsumenmu, sebagai rakyat biasa.

  Thanks
  Bobby B

aris solikhah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  mas Rio,
  Saya sependapat dengan Anda, seorang wartawan harus menulis dengan fakta. Bahkan semua orang juga demikian bukan hanya wartawan. Namun pertanyaannya adalah mungkinkah mas GM tidak tahu fakta ini? Apakah ini disengaja oleh beliau? Ataukah sejak menulis catatan pinggir itu beliau telah bersikap tendensius terhadap Ahmadinejad? APa maksud dibalik tulisan mas GM itu? ATau benar kata mas Dede itu hanya aksesoris saja atau pinggiran? Tapi kalau pinggiran mengenai nuklir Ahmadinejad kenapa judulnya Ahmadinejad? Wah... membingungkan..., lebih enak kalau mas GM sendiri yang menjawabnya...jadi clear.

  salam,
  aris

Satrio Arismunandar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Bung R. Budiarto yang baik,

Saya ini wartawan. Bagi seorang wartawan, fakta itu sacred. Nggak boleh diubah. Ini posisi saya, tak ada tawar-menawar, dan saya yakin semua wartawan akan setuju dengan sikap ini.

Kalau GM mau nulis 1000 cerpen atau puisi (karya fiksi atau campuran fakta & fiksi), saya dukung penuh dan tak saya persalahkan. Tapi itu akan dianggap karya fiksi, jadi tak ada risiko.

Tapi dalam penulisan berita (fakta) atau analisis/renungan yang berdasarkan berita (fakta juga), ini sesuatu yang berbeda.

Dari tulisan GM di bawah, yang saya persoalkan cuma satu fakta itu saja (Ahmedinejad tak pernah bilang mau bikin senjata nuklir. Tunjukkan pada saya beritanya, kalau dia pernah mengatakan itu. Itu FAKTA, yang saya tak ingin GM atau siapapun mengubahnya. Bahwa Ahmedinejad di dalam hati mungkin punya maksud lain, itu memang bisa saja. Tapi isi hati orang siapa yang tahu? Itu bukan fakta dalam jurnalistik.)

Yang lainnya, ya terserah GM, wong itu renungan dia.

Satrio

--- Robertus Budiarto wrote:

> Bung Satrio,
>
> di milis lain aku juga diskusi masalah ini. Lawan diskusiku juga
> ngotot bahwa GM ini nulisnya ngawur, gak obyektif. Lawan diskusiku ini
> tapi bajunya lain, dia pembela Kristen dan Penghina Islam yang
> fanatik. Dia bilang bahwa GM ini propaganda Ahmadinejad.. he..he..
>
> Aku cuman bilang, sekalian aja KOMPAS dimasukkin barisan Propagandis
> Ahmadinejad.. he..he.. Sabtu kemarin Om Pasikom mantab sekali
> kartunnya..
>
> Tolong kasih tahu teman-teman Islam Sontoloyo, Komando Pastor kemarin
> ngeledekin si Bush...
> [...]

pustaka tani
  nuraulia

        Cultural diversity   Indonesian languages   Indonesian language learn     Indonesian language course