Selama dua hari terakhir saya membaca berbagai aspek dan detil tentang
pembantaian anak-anak Irak di Haditha dan Ishaqi oleh pasukan Amerika.
Mau muntah dan menangis rasanya. Mengingatkan saya pada Pembantaian My
Lai di Vietnam 1968, pada film "Platoon" (Oliver Stone) dan "Full
Metal Jacket" (Stanley Kubrick), yang berisi kemunafikan para
pengambil keputusan di Gedung Putih dan Pentagon.

Dan keesokan harinya, kepala saya yang belum pulih benar seperti
ditampar keras membaca pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
mengemis "hubungan militer permanen dengan Amerika" (halaman muka
Kompas, 7 Juni 2006), lengkap dengan presiden kita berfoto bersama
sang penjahat perang.

Saya membaca banyak reaksi orang Amerika sendiri tentang pembantaian
Haditha itu, para keluarga korban 9/11, veteran perang, ibu yang
anaknya tewas dikirim George Bush ke medan perang dan serdadu yang
memilih desersi ketimbang melakukan kejahatan perang. Mereka malu
memiliki pemerintahan George Bush sekarang.

Dan hari ini saya malu menjadi orang Indonesia, negeri yang mengemis
"hubungan militer permanen" dari pemerintahan yang amoral dan memalukan.

Farid Gaban

Everything you need is one click away.  Make Yahoo! your home page now.
http://us.click.yahoo.com/AHchtC/4FxNAA/yQLSAA/BRUplB/TM