Mas Dede, saya ingin mengutip tulisan kiasan bagus dari Koran Tempo dalam
suplemen sepak bola, People like violence, The football is  war with some
rules. Pertanyaannya adalah apakah football adalah benar-benar perang
peradaban? kedua apakah Zidane memahami Clash of Civilization? Apakah dia
'pemain" atau korban/obyek atau penonton? Apakah Zinade yang muslim mempunyai
pola pikir idieologis?

  Tulisan Samuel Huntington dan Francois Fukuyama banyak menuai kontradiktif di
AS, namun sejatinya sekiranya kita mau menelaah.. kebijakan pemerintah AS
banyak mengikuti pertimbangan kedua tulisan dari pakar peradaban tersebut.
Pakar-pakar Fisip Harvard University banyak menjadi rujukan kebijakan AS pada
negara-negara lain.

  BTW: Sampaikan rasa terimakasih saya untuk Koran Tempo, tulisan ilmiah
populer saya dimuat hari ini dengan nama asli. Satu Impian saya tahun 2006 ini
terkabulkan. Terima kasih Koran Tempo mewujudkan impian saya ^_^
  salam,
  aris

o <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  At 07:59 PM 7/6/06 -0700, you wrote:

>Clash of Civilizations dan prosesnya bisa dipahami keberadaannya bila
>seseroang mengamati perubahan peristiwa yang terjadi secara detail,
>memaknainya bukan sekedar membahas dan menganalisa faktanya secara
>mendalam, namun mencari solusi. Seseorang yang mengamati hendaknya punya
>pisau bedah untuk membedah suatu peristiwa. Pisau bedah itu adalah prinsip
>hidup yang diyakini secara kuat dan tak ada keraguan sama sekali dengan
>prinsip hidupnya.
>
>Tentu saja Clash of Civilizitions hanya dipahami orang yang berpikiran
> [...]
===========

zinedine yazid zidane dan franck ribery yang muslim
tampil sepenuh hati membela prancis yang barat sekuler
di piala dunia.

bagaimana menjelaskan benturan peradaban dengan
kenyataan itu?

The great job makes a great man
  pustaka tani
  nuraulia

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/SISQkA/gOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM