Bismillah....
  Menurut saya yang dilontarkan mas Ambon adalah hal wajar, keraguan mengenai
seandainya syariat Islam diterapkan di Indonesia apakah akan memecahkan masalah
saat ini? BUkankah ini  pertanyaan tiap kepala yang membaca milis ini? ^_^

  Mohon maaf, bila saya boleh menganalisa beliau (mas Ambon) melihat fakta atau
terjebak dengan fakta penerapan syariat ISlam yang setengah-setengah di Arab
Saudi dan hampir di negri Timur Tengah.Mungkin sebagian diri kita demikian.

  KAlau saya boleh menguraikan, keraguan mas Ambon terjadi karena maaf mungkin
mas Ambon belum tergambar bagaimana ISlam bila terterapkan. Selain itu,mas
Ambon maaf belum memiliki gambaran ideal ketika syariat ISlam diterapkan. Jadi
wajar bukan lontara demikian? Saya berusaha untuk husnudzan. Meski dalam sebuah
referensi dikatakan bahwa orang barat dan anti SI selalu saja akan memposting
atau menyiarkan hal-hal negatif tentang contoh penerapan SI dan syariat ISlam.
Mencari-cari kelemahan Islam.

  Hal-hal dalam ISlam  yang biasanya diserang adalah kasus TKI di Arab Saudi,
Poligami, perang (jihad), aturan pakaian perempuan, hukum bekerja pada
perempuan, kepemimpinan pemerintahan pada perempuan, warisan pada perempuan,
persaksian pada perempuan, kadang dibilang kejamnya sistem sangsi/ukubat (meski
kalau dilihat sekarang hukuman KUHP malah tidak manusiawi) dll.

  Saya sendiri pemahamannya baru sedikit, belum sempurna amat dan rinci, namun
setidaknya saya telah memiliki gambarannya bagaimana SI diterapkan sempurna dan
penyimpangan2 yang dilakukan para khilafah selama 13 abad silam, sehingga saya
yakin dengan seyakin-yakinnya jika gambaran SI yang saya pahami (bukan sebatas
yang diterapkan di Arab Saudi) saat diterapkan akan memajukan umat ISlam dan
manusia seluruh dunia disegala bidang.

  Gambaran ini saya peroleh dari banyak diskusi, membaca sejarah, menelaah dan
banyak hal Insya Allah. Ingatlah bahwa SI sudah pernah diterapkan mencakup
seluruh umat Islam selama lebih dari 13 abad atau 1300 tahun. Sungguh naif bila
kita umat ISlam melupakan sejarah ini. Bayangkan 1300 tahun Islam telah
diterapkan meliputi 2/3 benua dunia. dsan kemudian hal tersbut musnah begitu
saja sjak 1924 kemarin.

  Memang benar, Arab Saudi tidak bisa dijadikan contoh ideal penerapan SI
karena ya, penerapan SI setengah2. Sisi lain di sana sendiri, pemirintahannya
agak anti terhadap aktivis muslim yang berkeinginan menerapkan syariat ISlam
secara totalitas. Seorang imam Masjidil Haram dipenjara hanya karena dia usai
ramadhan berdoa demi persatuan dan keselamatan umat Islam, penerapan SI,
mengutuk AS dan ornag-orang yang menzalimi umat MUslim. Dr. A'id Al Qarni juga
demikian dipenjara oleh Arab Saudi. Aktivis muslim yang Pemahaman Islam yang
berbeda di Arab Saudi, Irak, Mesir banyak ditangkapi. Misalnya aktivis Ikhwanul
Muslimin, Hizbullah, Hizbutahrir dll mereka kelompok yang selalu menjadi
korban. Meski diantara mereka melakukan seruan dakwah Islam secara damai dan
tanpa kekerasan.

  Ukubat atau sistem sangsi Syariat ISlam di Arab Saudi pun diterapkan separo2
dan lebih banyak menjerat masyarakat kecil dan pejabat kerajaan kebal hukum.
  walau demikian, SI diterapkan di Arab Saudi diterapkan separo-separo belum
sempurna bahkan baru sedikit, mohon perbandingkanlah tingkat kasus
kriminalitas, kejahatan perang, hubungan toleransinya dengan umat non muslim,
sosial dengan negara yang tidak menerapkan SI misalnya di AS dan Indonesia.
Sehingga kita bisa meihat sisi positif bahwa bila saja syariat ISlam yang
separo dan sedikit tadi diterapkan apatah jika seluruhnya? Sungguh tentu jauh
sangat lebih baik. Insya Allah. Adakah yang bisa share ke sini bagaimana sisi
positif nya, saya punya data hanya saja lupa menanyakan pada teman sumbernya
dari mana. Kalau rekan-rekan disini membutuhkan saya akan memberikannya kelak.
Insya Allah.

  Keraguan itu wajar bearti selama ini kita berfikir, maka tuntaskanlah dahaga
itu dengan mencari tahu jawabannnya pada banyak orang terutama orang-orang yang
berkeinginan SI diterapkan. begitu pula saya... juga sedang belajar... Never
Ending Improvement wallahu'alambishawab

  salam,
  aris

[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  On 7/10/06, RM Danardono HADINOTO wrote:

> Suatu attitude yang sangat dewasa.

Dewasa/tidak kan relatif, Eyang.. Ini kan bisa dibilang 'pelabelan'..
Mungkin yang lebih netral bisa dipake istilah 'sepakat' saja.. :-)
Ya, itu juga kalau usulan saya bisa diterima.. :-p

Agama, bukanlah sesuatu yang dapat dihina. Yang merasa terhina
> biasanya umatnya. Tetapi ini juga tak perlu, seperti anda katakan
> secara tepat.

Seseorang yang 'sensitif' tahu 'perbedaan' yang terjadi..
seseorang yang (diajarkan/mau bersikap) tidak sensitif akan membiarkan
'perbedaan' yang terjadi.. Meskipun 'over sensitif' maupun 'mati rasa' juga
sama" kurang bagus.. :-)
Jadi mungkin yang paling benar yang sedang" saja.. tidak terlalu 'mati
rasa',
namun juga tidak 'over sensitif'. :D

FYI, seperti yang pernah saya sampaikan di thread lain, kesimpulan yang
saya ambil ini bukan cuma dari (thread atau) milis ini saja.. tetapi dari
berbagai milis yang pernah saya ikuti.. dari milis yang 'sopan' (semacam
ppiindia dan milis 'formal' lain) sampai yang 'brutal'.. sayangnya saya gak
sudah lama gak sempat ikut milis 'brutal' lagi.. :-)

Kalau ada yang dikritik, dan kita rasakan adalah benar, kita berikan
> counter argument. Misalnya, adakah konsep negara Islam yang layak
> ditauladani. Jawabnya ya atau tidak. Kalau ya, dimana, negara apa,
> dan bagaimana cara mereka menjalankannya.

Kalau ada kritikan/saran (yang benar) buat saya pribadi, sebisa mungkin
saya akan introspeksi.. dan kalau masih mampu tentu saja akan saya
counter.. meskipun bagi sebagian orang, diskusi soal personal sebisa
mungkin dihindari..

Soal KSA dan Syari'at Islam.. again, itu memang betulan atau mitos?
AFAIK itu cuma mitos, mestinya tidak usah dijadikan 'contoh' dan menjadi
bulan"an.. apalagi dengan kebejatan orang Arab terhadap 'pekerja asing
murah' di sana.. Mengenai pertanyaan selanjutnya, lagi, silahkan dijawab
oleh yang lebih layak dan kompeten.. :-)

Tak ada back door, back dooran an, mas IranK... just go through the
> main entry..

Well let's see, what's next, Eyang..
Hehehe.. cuma ngerti 'little-little sih I can'.. :-p

So easy

Easy-easy hard atau hard-hard easy.. :-p

Salam

> Danardono

Wassalam,

Irwan.K

> [...]