Kata Aris:
  "Dalam Syariat ISlam yang saya pahami, Islam mempunyai aturan dalam berperang
atau jihad. Umat ISlam diharamkan membunuh anak kecil, wanita, manula dan
sipil. Tidak boleh menebang pepohonan, hewan ternak dan umat Islam
diperintahkan untuk memperlakukan dengan baik para tawanan perang. (Fiqh
Sunnah, Sayyid Sabiq) Sedangkan ini ya Rabb, satu kata biadab."

  Kata gue:

  Itu bukan hanya aturan di Syariat Islam, Aris, tapi juga dalam aturan
internasional. Anak kecil dan wanita tak boleh dibunuh, fasilitas kesehatan
umum tak boleh di-bom. Wartawan dilindungi. Tapi dalam realitas praktek
peperangan? Wanita diperkosa, anak-anak dibunuhi, wartawan diculik dan dibunuh.

  Seandainya semua orang Islam memahami Islam seperti mbak dalam konteks ini,
pasti nggak ada bunuh-bunuhan di dunia ini ya, Aris??! Sayangnya pemahaman
terhadap Islam pada setiap orang pun berbeda. Buktinya bunuh-membunuh (entah
rakyat sipil yang terkena sasaran seperti di Bali, atau aksi teroris lainnya
yang melukai wanita dan anak-anak) yang mengatasnamakan agama tetap terjadi.

Semua agama TIDAK ADA yang mengajarkan membunuh, Aris, apalagi membunuh
anak-anak.., termasuk dalam ajaran Yahudi. Pembunuhan terjadi atas nafsu
manusia terhadap KEKUASAAN. Zionis Israel memberi penafsiran sendiri yang
memberi keuntungan atas agresi militer yang tengah terjadi.

  Saya berduka atas peperangan yang tengah terjadi di Timur Tengah, yang
membuat wanita dan anak-anak menderita.

Yohanis Komboi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Mbak Aris,

Saya masih terus mengikuti tulisan-tulisan mbak.

Kenapa untuk Palestina yang bukan mayoritas islam mbak katakan "ya Rabb,
biadab...." sementara untuk Darfur di Sudan yang jelas mayoritas islam tidak
ada komentar mbak? Terus kenapa ada itu semua sementara kita tahu baru saja
Pangandaran dan pesisir selatan Jawa terkena tsunami? Apa itu proporsional?

Komboi

On 7/20/06, aris solikhah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear All,
> Dalam Syariat ISlam yang saya pahami, Islam mempunyai aturan dalam
> berperang atau jihad. Umat ISlam diharamkan membunuh anak kecil, wanita,
> manula dan sipil. Tidak boleh menebang pepohonan, hewan ternak dan umat
> Islam diperintahkan untuk memperlakukan dengan baik para tawanan perang.
> (Fiqh Sunnah, Sayyid Sabiq) Sedangkan ini ya Rabb, satu kata biadab. Para
> rabi Yahudi.. bagaimanalah saya tidak ingin syariat Islam diterapkan dan
> menjadi peraturan internasional bukan hanya sekedar labelling. Al Quran
> [...]

Great things are happening at Yahoo! Groups.  See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/TISQkA/hOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM