Mas Tony,
Tak baik untuk menjudge orang dengan kata-kata kasar
demikian. Bukan persoalan pihak yang diajak diskusi
akan marah, tapi itu persoalan diri kita sendiri.
Bahwa..suatu saat mungkin mas juga akan dikata-katai
demikian. Dan saya tak rela atau tak tega itu terjadi.
Apa bedanya orang yang memaki kita dan kita
membalasnya serupa.

Mungkin seperti Balkan, saya juga belum tahu komposisi
jelasnya disana. Tapi bukankah sudah saya jawab, bukan
negara sekularnya atau Islamnya (meski ya saya
mengimpikan persatuan seluruh umat islam dunia di
bawah negara Islam khilafah Islam). Kalau negara
sekular, Indonesia juga negara sekular bukan? Tapi
karena  muslimnya.

 Di mana pun juga apakah di Inggris, di Amrik bila
seorang muslim dizalimi.. maka rasa sakit itu juga
saya rasakan.

Begitu pula ketika umat Islam di Pattani dibantai,
bahkan jika orang yang sekular tapi mengaku muslim dan
dia tidak merusak atau menghina agama Islam dengan
ide2 diluar Islam, saya masih menganggapnya saudara.

 Hanya saya bingung, jika ada umat Islam yang menganut
paham sekular dan menghina agama Islam dan syariatnya,
maka gimana ya?

Pembelaan saya juga ada pada koridor syariat Islam,
bahwa kalau pun seorang muslim melanggar atau
bermaksiat dari syariat Islam, saya tak bisa
membelanya. Misalnya dia mencuri, menghina Rasul,
menghina Al Quran, menghina umat Islam yang taat,
mengadu-domba ...saya juga akan melaporkannya pada
pihak berwenang. Jadi bukan pembelaan membabi buta,
penting saya tahu faktanya.

Akhirnya saya berpikir, nasionalisme yang bercokol
ditubuh umat ISlam, sebenarnya penghambat persatuan
mereka di seluruh dunia. Wajar bila saya katakan,
nasionalisme itu juga sesuatu ide di luar Islam
apalagi sepahaman saya hadis, Cinta tanah air adalah
sebagian Iman adalah hadis palsu. CMIIW....

Nasionalisme tembok besar penghalang.. kasih sayang
umat Islam dunia tak sampai di Lebanon dan Palestina
atau negeri-negri terzalimi lain secara utuh dan
sempurna.

Saya kurang tahu dengan mas Badruni.
salam,
aris

http://education.yahoo.com/reference/factbook/le/popula.html

> [...]
> Protestant) 39%, other 1.3%
> note: Seventeen religious sects recognized
>
>   And that's a FACT, Jack!!!!
>
> balkanblaang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           I would like to know the answer of
> Solihah, Ahmat al badruni, and
> other indonesian arabs..
>
> indeed, Lebanon is a SECULAR country, where the
> Moslems are not even
> majority..

> removed]

> 1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA
> (kecuali sbg otokritik)
> 2. Pesan yg akan direply harap dihapus, kecuali yg

The great job makes a great man
  pustaka tani
  nuraulia

http://mail.yahoo.com