Sebelum dan menjelang ULTAH RI yang ke 61 kali ini aku sempat memperhatikan di
pelbagai milis suara2(tulisan/postingan) dari teman2 yang bercorak ragam isinya.

  Dalam menganalisa postingan ini aku punya patok-an/kriteria berupa mengukur
dengan caraku sendiri, dan aku gunakan metode dan penglihatan secara praktis
dan melihat dan membandingkan dengan  realita di  lapangan.

  Misalkan saja aku ini punya teman/saudara yang telah berjasa dan bahkan telah
mengorbankan jiwanya untuk idee kemajuan bangsa kita ini, aku kepingin tahu apa
yang dilakukan oleh mereka yang kehilangan anak atau sanak pamilinya. Misalnya
saja apa yang ke-empat ortu dari 4 mahasiswa yang terbunuh secara misterius
dalam peristiwa Semanggi tahun 1998 itu?

  Apabila aku ada di tempat mereka,yakni ortu2 pemuda2 ini, tentunya aku sempat
menggugah  para members di milis ini yang begitu meng-gebu2 dengan cara2 "grand
standing" & "standing on moral highground" dengan cara menyuarakan betapa
cintanya mereka terhadap negara ini, sampai2 mereka sempat terharu dan
mengeluarkan airmata. Untuk siapa sebenarnya keharuan dan air mata ini? Apa
menghadiri perayaan ini yang begitu megah dan meriah , mereka ini mulai
meluapkan rasa harunya....wah betapa megahnya NKRI saat ini setelah ber-umur 61
tahun.

  Tapi aku yang menempatkan diriku sebagai ortu mahasiswa2 yang terbunuh itu
,rupanya akan berpendirian lain, akan merasa betapa kosongnya arti kemerdekaan
ini.  Disamping itu tentunya ortu itu sempat juga mengkaitkan perjoangan
anak2nya dengan mengharapkan dikemudian hari akan ada perbaikan dan reformasi
akan menemukan harapan falsafah yang mendorongnya.
  Tapi tentunya para ortu itu, setelah  lihat kiri kanan, lihat realita
dilapangan, mereka bakalan menangis, kalau saja tidak bisa dikatakan hatinya
telah patah.  Bukan kemegahan dan harapan yang bisa diharapkan dari perayaan
Ultah ke 61 ini, tapi ke-gundah gulana-an, mereka tidak tahu apa yang bisa
diharapkan dimasa depan.

  Aku sebagai ortu, apabila aku bisa sikapi , aku punya pendirian semacam ini ,
dan aku tunjuk-kan kepada para peserta perayaan ini yang telah mengeluarkan
suaranya secara meng-gebu2 betapa  semburan gegap gempitanya cintanya mereka
kepada negara ini aku cuman bisa men-sitir dengan mem-pena-kan apa yang
terkandung dalam sanubariku., sebagai ortu yang telah kehilangan putra
terbaiknya bagi reformasi......kepada konco2 disini....yang ber-kaca mata
kuda.

  Aku kepingin tahu.....anda2 sekalian yang tidak kehilangan apa2, bukan
seperti ortu2 mahasiwa yang terbunuh dalam tahun 1998 ,apa yang anda pikirkan
sewaktu anda2 sekalian merayakan hari kemerdekaan ini? Apakah cukup anda2
sekalian menyuarakan kebanggaan, kecintaan anda secara meng-gebu2  akan ibu
pertiwi, tanpa mengingat juga korban yang telah berjatuhan dalam hari ke 17
Augustus 2006 ini?

  Apakah cuman apa yang aku katakan saat ini, anda2 hanya mengkelabui publik
milis ini dengan cara2 kayaknya  ......."frank and explicit"ini , tapi   ...the
right line to take, when you wish to conceal your own mind and to confuse the
mind of others?

  Harry Adinegara