Mas Dede,
  terima kasih atas perhatian Anda.

  IPB dan UI berbeda, UI di tengah kota ramai 24 jam. IPB tidak demikian.

  Letak wilayah dll sebagainya mas perlu melihatnya sendiri dan duduk ditengah
malam di IPB. Tentu saja Anda akan merasakan perbedaan. Anda malah ditangkap
satpam karena dikira pencuri atau orang yang mencurigakan kali ^_^.(baik
laki-laki dan perempuan)

  Tidak ada yang merasa terkekang, karena yang keluar malam ada yang menemani.
Sudah kebiasaan juga ko di sini kalau perempuan pergi pun biasanya berdua. Ada
banyak pertimbangan di Kampus kami terkait masalah RT dalam kampus.

  Tak seketat yang Anda bayangkan dan berbeda dengan di pikiran Anda. Mahasiswi
boleh ko pergi ke kampus malam hari buat kuliah (kalau ada), penelitian dan
cari literatur. (Bukan untuk jadi ayam kampus )

  Perpustakaan kami juga buka hingga malam. Toh ini juga baru isu atau rencana
yang masih jauh... beberapa lembaga BEM tapi malah sudah melaksanakan. Bila
Anda melintas di masyarakat sekitar IPB pun sudah sepi sekali bila melewati jam
12.00. Semua oke-oke saja. Jangan mempermasalahkan sesuatu yang bukan masalah.

  Disamping itu, malam adalah saatnya orang istirahat ngapain kluyuran malam
hari, emang tidak ada hari lain. Paling yang masih rame rental. Makanya kuliah
kami sangat padat di siang hari. Dari jam 7 pagi  hingga kadang 6 sore full.

  salam hangat,
  aris
  Adalah perlu memahami kondisi orang lain sebelum menjustifikasi.. empati
dalam diri.

  ============

mbak aris,

kriminalitas pernah terjadi di kampus ui, dan pelaku tak
memilih-milih korbannya
perempuan atau laki-laki. terakhir yang saya ingat setahun lalu
seorang mahasiswa
(laki-laki) ilmu komputer terbunuh di jalan setapak hutan menuju
stasiun kereta.
pelakunya mengambil dompet korban yang isinya tak seberapa.

sejak itu pengamanan ditingkatkan. tenaga satpam ditambah. lampu-lampu
penerangan ditambah di tempat-tempat yang dianggap rawan karena gelap dan
sepi.

tapi tak pernah terbersit keinginan sedikitpun membatasi aktivitas mahasiswa
di kampus. saya baru saja bertemu dekan fisip ui dr gumilar rusliwa (nanti
sore saya akan bertemu kembali dengannya), dia menceritakan perpustakaan
fisip-ui sekarang buka sampai pkl. 20.00. rencananya malah akan dibuka sampai
pkl. 24.00. di zaman saya kuliah, pkl. 17.00 perpustakaan sudah sepi karena
fasilitasnya tak nyaman. saya lihat sekarang fasilitas perpustakaan nyaman
sekali dan sesak pengunjung.

tentu perpustakaan ini terbuka untuk semua mahasiswa, perempuan maupun
laki-laki. gumilar yang senior saya ini seorang muslim yang taat sekaligus
orang yang tak menampik kemodernan. sebagai lulusan universitas bieleveld
jerman, dia tahu persis perpustakaan adalah jantung kegiatan
pendidikan/akademis. di luar negeri, perpustakaan memang buka sampai
larut malam (kalau perlu buka 24 jam) untuk mendukung mahasiswa
mengerjakan tugas-tugasnya.

sekali-sekali mbak aris perlu menengok kampus almamater saya itu.
tamannya indah, cafenya nyaman, perpustakaan selesa, mahasiswa dan
mahasiswinya berwajah ceria. tanggal 12-16 sept mendatang fisip-ui akan
adakan research days. lebih dari 500 hasil penelitian dosen dan
mahasiswa bakal digelar bersamaan. prestasi seperti ini yang kita harapkan
dari kampus-kampus di negeri kita.

(Yahoo! ID required)

mailto:[EMAIL PROTECTED]

The great job makes a great man
  pustaka tani
  nuraulia

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/3EuRwD/bOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM