Aneh dan rancu sekali...pantas saja banyak peserta milis yang slalu "stress"
kalo dialog dg orang tua ini. Banyak sekali hal2 yang bikin
pusiiing...omongannya mencla-mencle.....

  1. Agama hanya berguna jika diamalkan?Lha emangnya Mbah ini agamanya
apa?(ohya lupa sudah tdk beragama lagi?)Karena kalau bilang beragama pasti
bingung kenapa tidak ada aplikasinya selama 61 thn...gitu khan Mbah?

  2. Agama kita pelajari dari ajaran itu sendiri?Agama itu ya ajaran ya aturan
hidup. Jika kita beriman,kita tidak akan tanya2 lagi knp Tuhan bilang
ini,kenapa bilang itu. Semuanya tuntunan yang harus kita laksanakan dengan
ikhlas.Bagaimana cara mengetahui dan penerjemahkan dalam kehidupan
sehari2?Itulah yang dalam Islam menekankan pentingnya Ulama (pewaris para Nabi).

  3. Sejarah dapat diteliti secara ilmiah? Ya jelas bisa,karena agam juga tidak
melarang itu. Justru agama menuntun agar manusia bisa mengetahui kekuasaan
Tuhan. Apakah ada nubuwatan yang tidak terbukti?Bahkan kisah zaman dahulu sudah
jelas kebenarannya dan diakui umat sekarang.

  4. Agama tanpa ilmu pengetahuan pontang-panting?Justru inilah kuncinya. Orang
beragama pastilah juga menghargai ilmu pengetahuan. Kalo Mbah ya saya ndak
tahu....sudah tidak beragama, ilmu paling2 juga contak contek ngambil yang
tidak jelas di internet hehehe....

  5. Test pengetahuan sejarah?Bagaimana mungkin dua hal disatukan dengan pokok
pikiran dan landasan yang berbeda?Saya melandaskan diri dg Kitabullah,
sementara Mbah mendewakan materialisme yang baru (0,1%) hehehe ya gak
nyambung...seperti dialog Mbah dengan Mas Imuchtarom. Sampai kiamatpun gak
pernah ketemu.

  Aneh,disatu sisi tdk butuh agama,tapi masih mengaku Kristiani dalam
menghadapi kehidupan sesudah mati.......

  Capek saya....

RM Danardono HADINOTO <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          --- In ppiindia@yahoogroups.com, Al-Badruuni Enterprise
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Ini pertanyaan pertanbyaan yang mudah dijawab:

> Ehmm...susah juga ya ngomong dengan orang "tak beragama"...

1)Agama adalah sekumpulam aturan dan pegangan yang diturunkan kepada
manusia supaya manusia tidak tersesat sekaligus berfungsi untuk
mengembalikan fitrah manusia sebagai mahluk.

-->Agama hanya berguna kalau diamalkan. Lihat ibu Teresa. danbanyak
lagi yang lain. Tapi, agama itu sendiri, tanpa diamalkan, tak
membawa apapun yang berguna bagi manusia. Lihat perkembangan bangsa
kita, 61 tahun setelah kemerdekaan. Sebaliknya, banyak darah yang
telah bersimbah atas nama agama.

--------------------------

2) Apakah Mbah sudah merasa hebat sehingga tidak perlu literatur
atau informasi dari sumber agama (Al Quran dan Kitab Samawi) yang
lain?Apakah Mbah yakin manusia dengan kemajuan akal pikirannya
sekarang mampu mengalahkan Tuhan?

--> Agama kita pelajari dari ajaran itu sendiri, kumpulan wahyu dan
aturan serta keseluruhannya. Kita bicara sejarah agama. kalau mau
belajar sejarah yang baik, pelajarilah ilmu sejarah itu sendiri,
jangan dicampuradulkkan dengan sejarah yang dilihat dari dogma. Ilmu
sejarah mempunyai paradigma sendiri, yang ilmiah.

Dalam ilmu sejarah, kalau disebutkan sesuatu, misalnya raja ramses
ataupun Darius, maka kita dapat mentelitinya secara ilmiah,
mengkajinya. Dogma agama, bukanlah ilmu sejarah, misalnya kisah
kisah macam macam.

-----------------------------
3)
> Lha wong kena sedikit gempa saja.........montang-
manting...hehehehe....

--> bukankah yang beragama tanpa ilmu pengetahuan yang paling dahulu
pontang panting?

Gempa, banjir, dan musibah alamiah lainnya dapat diokaji exakt
dengan ilmu pengetahuan. dan diterangkan. Saya belum pernah pontang
panting karena gempa, juga tidak waktu Merapi meletus ditahun 50an.

------------------------
4)

> Apalagi Mbah sekarang sudah uzur...apakah bisa melawan kematian?
Apakah Mbah tahu alam setelah Mbah mati nanti? Atau jangan2 Mbah
tidak percaya akan adanya kehidupan sesudah mati hehehe...

-->Saya mungkin bukan lagi ABG, tetapi jauh dari uzur, emang anda
kira berapa umur saya? Mau kita berdua adu dalam mendaki gunung
Alpina? atau bermain ski atau rowing? saya masih berkondisi untuk
mengemudi mobil non stop dari Belgrad ke London dengan istirahat
sebentar, anda?

Kehidupan setelah mati diterangkan dalam Kristiani secara gamblang.
Tentu saja saya TAK percaya ajaran lain mengenai kematian, seperti
ketemu bidadari bidarai yang sexy, dll.

Ini semua tak ada hubungannya dengan soal sejarah. Kalau mau belajar
sejarah, ya pelajarilah ilmu sejarah dengan baik. Anda siap saya
test mengenai pengetahuan sejarah anda?

-------------

5)
> Semoga Allah memberi hidayah kepada Mbah sebelum ajal menjemput.
>
> (Ahmad)

--> Tuntunan dan hidayahnya kita dapat sebelum dan sesudah mati,
jangan hanya pikirkan kalau sudah mati. Sesama manusia membutuhkan
anda SEBELUM anda mati, kalau anda mati, bagi orang lain hanya
beban..dan semua sudah terlambat, misalnya untuk beramal dan berbuat
mulia..apalagi kalau selama hidup kita hanya membuat rusuh atas nama
agama

DH

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional