From: aris solikhah <[EMAIL PROTECTED]>
To: ppiindia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 16, 2006 9:00:00 AM
Subject: Re: Mohon Jangan Gunakan Istilah BABU Re: [ppiindia] Teori Babu dan
Majikan

Kenapa mas harus begitu sensitive gini, tulisan itu saya ambil dari milis-milis
lain. Itu tulisan orang lain ^_^. Proteslah pada mereka...

Robertus Budiarto <budiartobobby@ yahoo.com> wrote: Mbak Aris,

terlepas dari ketidak samaan kita mengenai Negara Islam dan perbedaan yang
lainnya, mudah-mudahan kita bisa sepakat dalam hal ini. Aku harap kita bisa
pelan-pelan membiasakan tidak menggunakan istilah babu.. Saya terus terang juga
pernah disapa teman saya mengenai hal ini, walaupun waktu itu aku merasa tidak
enak, karena aku memakai istilah babu bukan untuk merendahkan, tetapi
kenyataannya istilah itu memang sering dipake secara pejoratif, merendahkan.

Walaupun saya ini WNI Asli Etnis Cina dan beragama Katolik, dan Pembantu saya
beretnis jawa beragama Islam, tapi hubungan kami sangat baik. Sewaktu dia
dihamili Pacarnya secara tidak bertanggungjawab, kami menasihatinya tidak untuk
menggugurkan bayi yg di dalam kandungannya. Lalu kami berusaha sebisa mungkin
membantunya secara ekonomis. Bukannya aku mau cerita bahwa aku ini orangnya
sangat baik, BUKAN!!!! Tapi karena "Mbak"ku ini orangnya memang rajin dan
jujur. Aku hanya mau cerita bahwa hubungan kami sekeluarga menjadi "dekat".
Karenanya makin lama, rasanya makin tidak enak mendengar istilah Babu. (jadi
bukannya saya ini orang yg sangat sopan dan baik hati).

Mengikuti lagu ngetop anak muda jaman sekarang: PRT juga manusiaaaaaaaaaaaaa
aaaaaaaaa! !!! Punya rasa punya hati........ ......... ... (Grup Band Seurieus).

Saya tahu pasti Mbak Aris tidak bermaksud merendahkan, namun kebanyakan di
masyarakat istilah itu dipake secara memandang rendah. Jadi ada baiknya kita
pelan-pelan berusaha menghilangkan istilah ini.

Sekian dan terima kasih atas pengertiannya
Bobby Budiarto

Do you Yahoo!?
http://new.mail. yahoo.com

Bila lidah kelu, tulisan menjadi perlu
Pena lebih tajam dari pedang
Tinta seorang berilmu lebih mulia dari darah seorang syahid

pustaka tani
nuraulia