Pandangan lain yang menarik tentang Poligami (saya kutip dari seorang miliser
wanita di milis begundal-salemba).....
Satrio
Subject: [begundal-salemba] Poligami

Berita Aa Gym kawin lagi ramai sekali ya, sampai Pemerintah harus turun tangan
untuk merevisi peraturan mengenai perkawinan dan perceraian untuk melindungi
wanita.

Menurut saya, poligami tidak akan terjadi kalau tidak ada wanita yang mau
dijadikan istri ke2, 3, atau 4. Kalau poligami mengorbankan wanita, sebenarnya
yang dikorbankan cuma istri pertama. Istri ke-2, 3 atau 4 bisa menikmati
dijadikan istri oleh laki-laki (bisa dapat nafkah lahir -batin dan status).

Lagi pula banyak istri pertama yang mau 'berkorban' untuk suaminya dengan
'merelakan' suaminya kawin lagi. Padahal sebenarnya isrti pertama belum tentu
rela suaminya kawin lagi, tapi ia terpaksa berbagi suami karena ia tidak
berdaya atau karena suaminya dianggap masih berguna.

Ada kemungkinan kawin siri menjadi marak kalau KUA dilarang mengawinkan pria
yang sudah beristri. Bagaimana status hukum anak-anak yang lahir dari pasangan
kawin siri, apakah mereka akan mendapat warisan dari ayahnya? Saya tidak tahu
soal ini.

Semoga tidak ada lagi perempuan yang mau dijadikan istri ke-2, 3, atau 4.
Poliandri tidak terjadi bukan hanya karena dilarang agama, melainkan karena
tidak ada pria yang mau dijadikan suami ke-2, 3, atau 4.

Kenapa anggota DPR Yahya Zaini tidak poligami? Karena Maria Eva tidak mau
dijadikan istri ke-2. BTW, UU Antipornografi sudah selesai dibuat atau belum ya?

salam,
Ratih