halo kawan kawan ppiindia yang dirahmati Allah ...

1. lama tak basuo, bicara pun masih eker ekeran masalah penaklukan dunia
oleh Islam dan ko eksistensi yang tidak juga terwujud.  hayaaah ....

2. perlu diingat juga mbak aris.  bahwa dunia muslim sudah cukup lama
mengalami disfungsi.  sebagaimana agama agama formal juga banyak yang
mengalami disfungsi.  saat ini rata rata agama mengambil posisi kontra
dengan ilmu pengetahuan.  yang dianggap sahabat hanyalah ilmu ilmu
kulit, namun ketika tahap epistemologi dan filsafat sains, maka agama
kisten maupun islam cenderung menolak ilmu pengetahuan.  agama islam yg
dulunya identik dengan ilmu pengetahuan sejak jaman al ghazali dimulai
dipisahkan.  begitu juga dengan kristenitas, diawali meolak ilmu
pengetahuan, lalu ketika bertemu islam, berbalik arah menjadi memeluk
ilmu pengetahuan.  sehingga ada saat saat di mana jaman louis pasteur,
mendel dan sebagainya, ilmu pengetahuan identik dengan gereja, di waktu
jaman modern, justru agama terpisah kembali dengan ilmu pengetahuan.

3. tentang cara pandang hubungan internasional yg bersifat agresif
maupun bersifat co existensi, sebenarnya merupakan wacana lama di dunia
hubungan internasional.  mbak aris juga pernah memperlihatkan adanya
opsi dalam hubungan antar negara dalam diskusi terdahulu.  sebagai
sekutu, sebagai oponen dan wilayah netral. [meskipun sudut yg lebih di
sukai kalangan HT, nampaknya islam sebagai negara agresif].  wilayah
netral ini, butuh sinergi dengan strategi security with seperti pada
Melian Dialogue. Jangan sampai seperti Athena yg waktu itu bisa
menghancurkan Melios, namun ujungnya tetap harus tumbang di Sicilia

baca baca lagi webnya phillip vermonte, peneliti bidang politik di CSIS,
membuka kesegaran baru buat otak saya yg makin kering ini.

a tulisan ini relevan dengan indoensia ketika lagi jaya jayanya berusaha
mengintimidasi tetangganya [hasilnya timor]
b.relevan juga dgn kasus spore dan malaysia sekarang ini.
c. dan jelas relevan banget deangan ngoyoworo dunia islam yg ingin jadi
penguasa semesta [bukan rahmatan lil alamin lagi kayaknya]

salam,
ari condro

=====

http://pjvermonte.wordpress.com/2006/09/27/membaca-lagi-paradigma-realisme/

MENGKAJI LAGI PARADIGMA REALISME

Hari ini harusnya saya ada dua kuliah. Tapi kedua profesornya sedang ada
konferensi di Washington D.C. Kuliah akan diganti hari lain. Lumayan
lah, jadi bisa nulis-nulis sedikit di sini . Tidak perlu menunggu akhir
pekan seperti biasanya.

Ini ada residu dari kuliah International Relations Theory minggu lalu,
saya masih penasaran. Setiap pengkaji HI pasti tahu paradigma realisme.
Asumsi utama paham ini, sebagaimana dihafal luar kepala oleh setiap
mahasiswa HI, adalah kecenderungannya yang state-centric, melihat bahwa
state adalah aktor prinsipal dalam hubungan internasional.

Belakangan datang Kenneth Waltz dengan pemikiran neo-realisme-nya: bahwa
sistem internasional lah yang menentukan perilaku negara. Karena sistem
internasional bersifat anarkis (dalam pengertian tidak ada sesuatu yang
lebih sovereign di atas negara-negara berdaulat secara individual), maka
negara menjadi 'egois'. Semua negara akan berusaha memaksimalkan power
dan karena itulah perang menjadi wajah hubungan antar negara dari waktu
ke waktu. Sehingga, boleh dibilang, studi HI mengerahkan energi nya
lebih banyak untuk memahami perang dan bagaimana mencegahnya.

Membaca bahan kuliah dan menghadiri kelas minggu lalu, saya punya
kesempatan me-refresh dan menambah pemahaman soal realisme ini.

Akar pemikiran realisme dengan mudah bisa dilacak. Dua nama yang selalu
muncul adalah filsuf Yunani Thucydides dan filsuf Inggris Thomas Hobbes.
Thucydides terkenal dengan bukunya mengenai perang besar jaman Yunani
Kuno yang judulnya The Peloponnesian War. Thomas Hobbes dikenal dengan
konsepnya Leviathan, yaitu entitas sovereign yang mengatasi
indvidu-individu.

Minggu lalu saya membaca lagi Morgenthau (Politics Among Nations), E.H.
Carr (The Twenty Years Crisis), Waltz (Men, State and War), Hobbes,
Thucydides dan banyak yang lainnya. Walaupun dominan, paradigma realisme
selalu dihujani kritik. Bacaan kuliah minggu lalu pun beberapa
diantaranya berisi kritik keras terhadap realisme.

Tiga yang saya sukai dari bacaan minggu lalu adalah tulisan Michael
Doyle (dia salah satu pembela Democratic Peace Theory: bahwa negara
demokrasi tidak pernah saling berperang dengan negara demokrasi lain)
yang judulnya "Thucydidean Realism", dimuat di Review of International
Studies.

Satu lagi adalah tulisan Lauire Bagby di jurnal International
Organization, judulnya "The Use and Abuse of Thucydides in International
Relations". Minggu lalu kami juga wajib membaca beberapa bagian dari
tulisan asli Thucydides (The Peloponnesian War sendiri adalah kajian
epic berjilid-jilid). Saya suka juga tulisan Michael William yang
berjudul "Hobbes and International Relations: a Reconsideration", juga
di jurnal International Organization.

Membaca kritik-kritik ini menyegarkan sekali. Jika Thucydides dan Hobbes
dibaca ulang, kesimpulannya bisa berbeda dari realisme. Coba tengok
sebuah episode terkenal tulisan Thucydides dalam Peloponnesian War itu.
Episode ini terkenal dengan sebutan The Melian Dialogue, dimana Athena
yang jauh lebih berkuasa mengirim utusan ke Melos, 'negara' yang jauh
lebih kecil, untuk memintanya tunduk secara sukarela pada Athena atau
diancam akan mengalami penghancuran.

Orang-orang Melos bertanya bagaimana Athena bisa merasa memiliki hak
untuk menguasai negerinya. Ini jawaban orang Athena yang lebih kuat dari
mereka itu: "since you know as well as we do that right, as the world
goes, is only in question between equals in power, while the strong do
what they can and the weak suffer what they must".

Sejarah menyebutkan bahwa Melos menolak tunduk sukarela, akhirnya
dihancurkan dan toh harus tunduk pula pada Athena yang perkasa.

Paragraf dari utusan Athena itulah yang menjadi basis pemikiran
realisme: bahwa tiap negara selalu bertujuan memaksimalkan power dan
pengaruhnya atas negara lain. Kodrati.

Padahal, ada paragraf lain yang menarik dari The Melian Dialogue ini.
Misalnya pernyataan the Melians kepada utusan Athena: "so that you would
not consent to our being neutral, friends instead of enemies, but allies
of neither side".

Ungkapan ini senada dengan pemikiran idealis atau bahkan constructivist.
Pernyataan orang Melos ini merupakan pandangan alternatif dari pemikiran
realisme ala Athena yang menekankan "security against" yang berujung
konflik, dan bukan "security with" yang mengandaikan kerjasama. Konsep
security with yang non-realist ini telah dielaborasi juga oleh
pemikir-pemikir HI seperti Martin Wight, Hedley Bull dengan konsepsi
international society-nya; Alexander Wendt dengan social theory of
international politics-nya; ataupun Karl Deutsch dengan konsepsi
security community-nya.

Tapi, realisme berpusat pada paragraf awal dari The Melian Dialogue
tadi. Bahwa yang kuat akan berkuasa, yang lemah akan menderita. Paragraf
itu menjadi dominan mungkin karena menghitung outcome dari Melian
Dialogue, yaitu Melos dihancurkan oleh Athena dengan kejam.

Padahal, The Peloponnesian War tidak hanya berisi episode The Melian
Dialogue. Memang betul bahwa Athena menghancurkan Melos, tapi kemudian
Athena yang menjadi greedy, hancur dan dikalahkan di Sisilia (Sicilian
Expedition). Artinya, keputusan Athena menghancurkan Melos bisa
ditafsirkan bukanlah merupakan keputusan rasional yang baik (yang
merupakan satu penekanan juga dari paham realisme). Karena ia kemudian
mendorong Athena menjadi semakin ekspansif dan akhirnya hancur di
Sisilia. Sayang, Thucydides sudah terlanjur menjadi 'trademark'
pemikiran realisme. Padahal, banyak paragraf dari The Peloponnesian War
yang seiring sejalan dengan pemikiran konstruktivisme ataupun pemikiran
non-realisme lain.

Demikian pula halnya dengan Thomas Hobbes. Hobbes dalam Leviathan
memikirkan perlunya kedaulatan negara untuk mengatasi individu manusia
'yang menjadi serigala' bagi individu manusia lain. Para pemikir
realisme dalam studi HI kemudian menarik analogi dari Hobbes mengenai
perilaku individual untuk menjelaskan perilaku negara 'yang cenderung
menjadi serigala' bagi negara lain. Yang akan membatasi perilaku negara
bukanlah kehadiran Leviathan dalam sistem internasional (seperti
dimaksud Hobbes dalam hubungan antar individu manusia). Yang membatasi
adalah kapabilitas negara itu dibandingkan dengan negara lain.
Konsekuensinya adalah tiap negara akan berusaha meningkatkan power-nya,
agar tidak 'dimangsa' negara lain.

Padahal, Hobbes punya pandangan bahwa: "rational sovereigns cannot act
toward each other as individual might because as a corporate body the
sovereign must consider the relationship between its external relations
and relations with its own citizens. The sovereign, recognizing the
foundation of its authority, must be careful not to lose the trust of
its citizens".

Pandangan Hobbes ini seketika mengingatkan saya pada pemikiran
republikanisme Immanuel Kant, yang meletakan landasan bagi Democratic
Peace Theory: "bahwa negara demokratis tidak akan dengan mudahnya
berperang melawan negara demokratis lain, karena mereka harus
berkonsultasi dengan warga negaranya sebelum memutuskan pergi
berperang." Immanuel Kant banyak dihubungkan dengan pemikiran idealisme,
bukanlah dengan realisme.

Jadi, Thucydides atau Hobbes pemikir realisme atau bukan? Sepertinya
perlu dipikirkan ulang dalam-dalam. Kuliah toh masih panjang, masih
banyak yang belum dibaca dan dibahas, termasuk teori-teori kontemporer.