Memang sih.. dalam setiap masa akan selalu ada martir.. Apalagi kalau
martirnya
bukan atas kesadaran sendiri.. tetapi hasil radikalisasi pihak lain (yang
menyusup
bahkan mempengaruhi, misalnya).. agar lebih mudah menghajar kalangan
tertentu..

Kasus Alm. Munir (kalau Alm. Riswanda Himawan termasuk gak ya?) tidak bisa
disamakan dengan pemberontakan terhadap negara..  IMHO, yang beliau lakukan
tidak membahayakan negara.. kecuali sikap kritis & tidak mudah menerima
yang ditampilkan di publik.. membahayakan & bikin marah elit, mungkin..

Tapi dia (or mereka) bukan 'musuh negara'.. Tolong bedakan itu..
CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K