Dear imuchtarom,...

Apakah ada yang meragukan Lagu Indonesia Raya hasil "mencomot" lagu
lain? setahu saya "proses" pembuatan Lagu Indonesia Raya memakan waktu
 lama hampir 2 tahun, kata "Indonesia" saat itu belum populer. Saat WR
Supratman belajar biola di Makasar memang terpesona dengan lagu
kebangsaan Perancis, dg notasi yg sederhana mudah dihapal dan heroik
membangkitkan semangat persatuan menjadi inspirasinya suatu saat untuk
membuat lagu kebangsaannya sendiri.

Bakat seninya turun dari kakeknya dari pihak ayahnya seorang Priyayi
Yogyakarta yg sangat concern dengan kesenian karawitan, sementara dari
 pihak ibunya keturunan prajurit setia Diponegoro, simongari yg
namanya menjadi sebuah desa di purworejo.

Lagu Indonesia Raya lahir lewat sebuah "Proses panjang" bukan asal
comot.... apalagi isinya sebuah semangat "persatuan" &"kemerdekaan"

Salam hangat,
-i2n-

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "imuchtarom" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> wah, gawat juga kalo apa yang diuraikan di bawah
> ini benar.
>
> yang paling gawat kalo memang terbukti bahwa lagu
> Indonesia Raya juga hasil 'mencomot' lagu laen.
> Claim yang ini perlu di cek sih ...
>
> Katanya lagu 'Kulihat Ibu Pertiwi' juga demikian.
>
>                      ***
>
> Kaget juga waktu dibilang Guruh Gypsy untuk lagu
> 'janger 1897 Saka' nya juga njiplak lagu
> "Watcher of the Skies" nya Genesis (?)
>
> Juga dibilang, lagu "Khayal" yang menjadi pemenang
> LCLR (Lomba Cipta Lagu Remaja) tahun 1978 katanya
> mencomot (sebagian?) lagu "Let them work it out"
> [...]

Kirim email ke