From: Lina Dahlan <[EMAIL PROTECTED]>
To: ppiindia@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, December 4, 2007 2:58:13 PM
Subject: [ppiindia] Re: Laskar Pelangi: Darwinian or Religius?

            Kalau memang betul Laskar Pelangi sekelas novel pop Lupus karya

Hilman, trus kenapa dibilang mengerikan ya mas?

Ini emang bukan teori saya (taelah). Kalau saya punya teori sendiri

apa gak jadi parahnya, apa teori saya bisa dikatakan sebagai fact?

Kalo emang kita mo menghargai pendapat orang semuanya, mengapa kita

tidak juga menghargai pendapat Lintang yang mengatakan oportunis

bagi yang tidak memilih (alias milih aman?)? Mengapa ini

dianggap "memaksakan pendapat"?. Memangnya siapa yang lagi kampanye

untuk mendapatkan pengikut bhw pendapatnyalah yang benar?

Kalo saya sih berpendapat, "kalo menjadi oportunis adalah sebuah

pilihan, mengapa tidak dihargai juga?. Dikasih dua pilihan: A atau

B. Lalu kita memilih "atau"...ha. .ha..

Saya juga berpendapat untuk bisa mencari titik temu antara Darwinian

(konteks ilmu) dan Religius, yang saya yakin ada titik temunya.

Tapi, kalau akhirnya harus memilih yang hanya antara Darwinian

(manusia asalnya lutung) dengan Religius (manusia asalnya dari nabi

Adam), ya saya milih Religius lah.

Kembali ke soal novel ini, saya tak memasalahkan ada dimana kelasnya

or levelnya namun ketika saya mengikuti session ini di acara Kick

Andy, saya hormat kepada novel ini karena bisa memotivasi orang

menjadi lebih baik. Bravo utk Andrea Hirata. Emang dia penampilannya

putih sih dan gayanya yang merendah gitu (kayak org gak pede)- itu

dmungkin yg dibilang pucat. Itu sekilas dari pandangan di acara Kick

Andy. Lepas dari itu, gak tau!

wassalam,