Sebenarnya sama saja, barat yang mayoritas nasrani juga melakukan tirani opini
terhadap Islam, sebagai umat nasrani seringkali saya malu. Mungkin ini adalah
suatu reaksi seperti yang dikatakan mbak rulita antara islamphobia dengan
xenophobia (anti barat/anti kapitalisme). Di perancis, tekanan terhadap umat
islam juga eskalasinya meningkat akhir-akhir ini. Saya pikir, semuanya perlu
bertobat dan introspeksi untuk saling menghargai keyakinan masing-masing. Itu
pendapat saya!

Patricia Devita
Wellington, New Zealand