ATHEISM

Dear Friends, tanya-jawab ini berasal dari milis SI
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>.
Semoga bisa bermanfaat juga. (Leo)

+++

B = Mas B
L = Leo

B = Hmmm... hmmmm... hmm...(did I spell it right?).
Selamat pagi/siang/sore/ malam Brother Leo, saya baca
tulisan anda via bali-bali, saya juga mau ikut tanya
masalah atheist.

L = Sure, no problem, hmmm hmmm hmmm...

B = Kenapa orang yang tidak beragama atau tidak setuju
dengan agama disebut atheist? Bukankah dengan
demikian kita mengakui bahwa Tuhan yang betul hanya
yang disebut oleh mainstream agama yang ada, sedangkan
anda bilang semua agama adalah ciptaan manusia (Amien
to that), yang bikin saya bingung seolah-olah ada
banyak tuhan, Tuhan bagi agamaist dan Tuhan bagi
spiritualist.

Bukankah sedikit lebih fair kalau kita sebut manusia
yang tidak beragama sebagai non religion atau
unreligious atau sejenis itu. Saya selalu ngotot
(sambil mata melotot) just because anda tidak menganut
salah satu main stream agama, belum tentu anda tidak
percaya Tuhan atau Atheist.

L = Well, istilah "Atheisme" itu berasal dari Barat,
dan BUKAN dari Indonesia. Menurut pengertian saya,
atheist itu adalah orang yang TIDAK percaya kepada
Tuhan versi agama-agama, dan BUKAN tidak percaya
kepada Tuhan sebagaimana Tuhan itu sendiri.

Kita tahu bahwa ada banyak versi Tuhan. Tuhan versi
Islam is Tuhan yang gimana gituh, kayaknya TIDAK
PERNAH PUAS dan mau semua manusia itu bertekuk lutut
di bawah SYARIAH yang konon diciptakan oleh si Tuhan
itu demi kemuliaan dan keagungan dirinya, blah blah
blah...

Ada lagi Tuhan yang selalu berperang dengan Setan.
Nah, Tuhan yang berperang dengan Setan-Setan itu
adalah Tuhan versi Kristen. Konon, dunia ini dikuasai
oleh Setan dan pengikutnya sehingga sekarang para
pengikut Tuhan ini (disebut Umat Allah) HARUS berjuang
untuk menyelamatkan manusia-manusia yang SESAT di
dalam cengkeraman setan. Termasuk umat "Setan" disini
adalah yang mengikuti ajaran Islam, ajaran Hindu,
ajaran Buddha, blah blah blah...

Nah, cuma DUA AGAMA ini saja yang punya konsep Tuhan
atau Allah (Kristen dan Islam sama-sama menyebut Tuhan
sebagai "Allah") sebagai sesuatu yang TIDAK PERNAH
PUAS, dan harus disembah-sembah sedemikian rupa agar
pengikutnya itu bisa memperoleh PAHALA berupa tiket
masuk ke Surga, hmmm hmmm hmmm...

Di Surga itu penuh susu, madu, dan bidadari (versi
Islam). Di Surga itu juga penuh dengan para malaikat
yang bernyanyi merdu memuji-muji si Allah dengan
lagu-lagu Surgawi yang gimana gituh (versi Kristen).

Tetapi, di luar kedua agama yang jelas berasal dari
Timur Tengah itu masih pula terdapat agama-agama lain.
Nah, orang-orang Timur Tengah itu TIDAK MAU mengakui
keabsahan agama-agama lain itu, makanya ada istilah
KAPIR. Anda itu termasuk orang "kapir" karena anda itu
orang Bali, hmmm hmmm hmmm... Orang India itu adalah
orang "kapir" karena percaya kepada Ganesha dan bukan
kepada Allah, hmmm hmmm hmmm... Orang Cina itu orang
kapir karena percaya kepada Nabi Lao Tzu, Nabi
Konghucu, dan berbagai nabi-nabi asli dari Cina yang
semuanya itu KAPIR menurut versi agama-agama Timur
Tengah itu.

Yang mengkapirkan semua orang lain itu adalah
agama-agama yang berasal dari Timur Tengah (Yahudi,
Kristen/Katolik, Islam). So, terimalah nasib anda
sebagai orang kapir yang TIDAK akan masuk ke Surga
versi Arab dimana ada banyak susu, madu, dan bidadari,
hmmm hmmm hmmm...

B = Okay .. kita tidak percaya dengan imaginasi Tuhan
dari mainstream agama yang kebanyakan berkiblat ke
bentuk manusia (Socrates), bagaimana dengan Tuhan
dalam bentuk Alam atau Nature atau Reiki atau juga
energy ataupun hanya change of reaction. Tul nggak
Bro ?

L = Menurut versi Islam dan Kristen, anda itu TERMASUK
pengikut syaiton karena memberhalakan alam. Semuanya
itu ciptaan Allah, karenanya anda WAJIB menyembah
Allah dengan mengucapkan la illah ha illah la, hmmm
hmmm hmmm...

Tiada tempat bagi pengakuan terhadap Alam Semesta
sebagai suatu mekanisme natural dimana manusia
merupakan bagian darinya. Segalanya itu MILIK ALLAH.
Agama itu MILIK ALLAH. Dan Allah itu memiliki agama
yang JELAS namanya adalah Islam, hmmm hmmm hmmm...

Di Kristen, kurang lebih seperti itu pula, kalau anda
mau hidup selaras dengan Alam Semesta itu BELUM CUKUP,
anda tetap harus menerima Allah seperti diajarkan oleh
gereja-gereja itu, hmmm hmmm hmmm...

B = Selama hidup saya (45 tahun + pajak dan komisi) di
Bali dan di Australia, saya tidak pernah bertemu
dengan atheist, setiap individu percaya dengan
sesuatu termasuk dirinya sendiri, karena kita bagian
dari Tuhan atau nature atau change reaction jadi....

L = Ya, memang begitu adanya. Saya pernah tinggal di
Amerika Serikat, dan saya tahu bahwa semua orang itu
percaya kepada sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya.
Bisa dibilang HIGHER SELF (God),... tetapi ini adalah
Indonesia, suatu negeri yang PENUH SALAH KAPRAH.

Kalau anda tidak memeluk Islam, maka anda adalah orang
KAPIR. Kalau istri anda tidak berjilbab, maka dia akan
dipanggang di neraka zahanam versi Arab. Kalau dia
berjilbab, maka dia nanti akan MEMBLE di Surga melihat
suaminya dilayani oleh bidadari-bidadari yang
telanjang bulat, hmmm hmmm hmmm... The zudul is cappe
dehh, tapi memang seperti itulah adanya. Kita mau
omong seperti apapun, begitulah keadaannya sekarang
yang MEMANG sangat menyedihkan.

Anda lihat sendiri di milis Spiritual-Indonesia
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>
juga ada yang menjajakan agama atau, dengan kata lain:
MENJUAL ALLAH. Dan disitu digambarkan bahwa si Allah
itu ingin agar manusia berjalan di JALAN ALLAH. Kalau
tidak mau berjalan di jalan Allah, maka akan masuk
neraka zahanam ketika si Allah itu akan ongkang-
ongkang kaki menikmati santapan susu, madu, dan
dilayani dengan para bidadarinya, hmmm hmmm hmmm...

Karenanya, saya menyarankan agar sering-seringlah anda
berbelanja di TOKO BUSANA MUSLIM untuk istri anda. At
least itu akan membuat istri anda menjadi wanita yang
ke-mukmin-mukminan sehingga, semoga saja, ke-KAPIR-an
di dirinya sedikit terobati. Jadi, kalau nanti sampai
di alam barzakh, dia juga akan bisa juga menjawab
pertanyaan oleh malaikat yang berbahasa ARAB.

Eh, saya lupa menuliskan bahwa setelah meninggal, kita
akan bertemu dengan malaikat-malaikat yang berbahasa
Arab. Tidak ada itu namanya malaikat berbahasa Bali.
Kalau malaikat berbahasa Bali, namanya sudah KELUAR
PAKEM. Dan, for your information, Allah itu benci pada
hal-hal yang keluar dari pakem, hmmm hmmm hmmm...

B = Yang paling konyol adalah mainstream agama yang
seolah-olah punya exclusive right untuk Tuhan jadi
bagi mereka yang tidak penganut salah satu mainstream
agama disebut Atheist DOUH!....

Yang jelas dan pasti adalah Karma Pahala atau disini
disingkat "Karma". Hukum Karma, Karma = action + time
+ X + Y (-xy) + - reaction. Rumus karma saya yang baru
setuju nggak bro? Misalnya kita menanam pohon mangga,
kemungkinan kita akan memetik buah mangga lebih besar
dalam waktu yang cukup dan factor tanah dan air
dikurangi factor kambing tetangga sebelah diikat dekat
pohon mangga hhmm... hhmmm... hhmmm...

L = Yang ngomong soal KARMA adalah orang-orang
Atheist, dan itu KAPIR. Bertobatlah ! Bertobatlah !
Peluklah AGAMA ALLAH because Allah itu sungguh
mencintai dan akan memuliakan mereka yang memeluk
Agama Allah, hmmm hmmm hmmm...

B = Yang pokok bagi saya (saya, saya dan saya or aku
or ego) Atheist itu hampir tidak exist, sebab:
1. Bhinaeka tunggal ika tan hana Dharma mengrwa.
Different but still the One, there's no two God.
2. Eko sat Wiprah Bahuda Wadhanti. There's only one
but some wise arse call IT different names.
3. Eko narayanam na dwi tyo asti kaschit. IT is only
one not two, got it? Now get out of here... Itu salah
tiga proof bahwa Tuhan itu satu jadi tidak ada
atheism, hanya cara nama Tuhan yang agak beda.

L = Lha iya, memang begitu, tapi mana bisa kita
ngomong menggunakan rasio dengan mereka yang MABOK
ALLAH. Bagi mereka segalanya itu kapir, kecuali diri
mereka sendiri yang merasa memiliki Dunia dan Akhirat,
lengkap dengan TIKET MASUK SURGA.

Biar saja, it's their RIGHT buat jualan Busana Muslim
dan bilang semua yang lainnya itu busana Kapir. Allah
itu mencintai orang Muslim dan membenci orang-orang
kapir, bertobatlah, bertobatlah, hmmm hmmm hmmm...

B = Tapi masalahnya semua itupun ditulis oleh manusia.

L = Segalanya itu DITULIS OLEH MANUSIA. Yang namanya
kitab suci berbentuk gelondongan jatuh gedebuk dari
langit hanyalah ada di imajinasi orang-orang agamis.
Semua kitab-kitab suci itu BUATAN MANUSIA. Segala
khayalan tentang Agama Allah itu BUATAN MANUSIA.
Segalanya itu buatan manusia. Memang iya, so what gitu
lho !

B = Okay.. I give up....

L = Don't give up, teruskan saja apa yang anda sudah
mulai. Kalau bertemu dengan orang-orang yang merasa
memiliki tiket masuk surga yang penuh dengan susu,
madu, dan bidadari, UCAPKANLAH SELAMAT.

Ucapkanlah selamat bagi mereka yang dimuliakan oleh
Allah sehingga, maybe, anda akan kecipratan sedikit
berkatnya, hmmm hmmm hmmm...

B = Damai di hati, damai didunia, damai selalu (Shanti
Shanti Shanti)

L = Om Shanti Shanti Om

+++

[Leonardo Rimba adalah seorang praktisi Psikologi
Transpersonal. Bersama Audifax, Leo menulis buku
"Psikologi Tarot" (Pinus, Maret 2008). Diskusi dengan
Leo bisa dilakukan di Milis SI; to join just click: