Liebe Kollegen,

Saya jadi menaruh perhatian kepada * Pusat Energi
UGM * setelah membaca berita akhir-akhir ini mengenai
bantahan dari pihak UGM (yang tentunya juga mencakup
Pusat Energi UGM) terhadap klaim temuan teknologi
"blue-energy" dari Joko Suprapto dkk, yang - menurut
berita tsb. - pernah mengkontak pihak UGM tahun 2005
/2006.

Pada posting saya berikutnya saya ingin mengungkapkan
pendapat yang intinya:

  => sebagai "juri", kita jangan terlalu terburu-buru
     "mem-vonis" /"menghukum" Joko Suprapto sebagai
     "sudah pasti bersalah" / guilty.

  => saya akan menunjukkan adanya bbrp referensi yang
     (menurut pendapat saya) cukup bisa dianggap
     "acceptable" atau setidak-tidaknya "not-rejected"
     bagi komunitas ilmiah, terdiri dari paper di
     jurnal ilmiah dan patent, yang topiknya cukup
     relevan dengan teknologi yang di klaim oleh
     Joko S. Artinya sebetulnya apa yang dikerjakan
     Joko S. itu sebenarnya mungkin ada referensi
     ilmiahnya

     ( terlalu terburu-buru untuk menyebut dia sebagai
       "dukun" /"charlatan" spt. yang disebutkan di
       bbrp media massa ).

  => entah berapa usia mas Joko, tetapi saya yakin
     dari segi pengalaman/wawasan di dalam dunia
     riset/inovasi, saya yakin dia masih cukup muda/
     junior. Apabila mendapat bimbingan arahan yang
     tepat, mungkin orang seperti mas Joko ini akan
     bisa menghasilkan sesuatu yang memang
     berguna. Jadi tolong dia jangan keburu "di
     eksekusi!" oleh masyarakat/pers.

  => kepada para akademisi/ilmuwan/peneliti Indonesia,
     kita perlu bersikap *terbuka* dan *proporsional* :

      --> kalau anda atau lembaga anda memang mempunyai
          suatu knowledge/kemampuan/skill/potensi dalam
          suatu bidang, jangan ragu-ragu/sungkan menunjuk-
          kan nya, supaya orang/pihak lain bisa belajar/
          mendapat manfaat dari knowledge/kemampuan/potensi,
          jangan takut di bilang *-arogan-*. It is not
          arrogant if you show what you can. Arrogance,
          by definition, is if you undermine other people
          /other group based on prejudice.

          Jangan segan-segan mengkoreksi orang lain secara
          proporsional apabila memang itu perlu.

      --> pada saat yang sama kita juga perlu untuk bersikap
          cukup "humble" untuk "belajar" dari orang lain/pihak
          lain, dan membuka kemungkinan untuk dikoreksi oleh
          orang lain/pihak lain.

          di sebuah mailing list pernah saya jumpai ada yang
          menulis "the truth is distributed ...". atau kalau
          boleh saya perlunak:

              ... "the truth could be distributed ..."

          To get the "whole truth", sometime we have to do
          "truth-mining" from various sources, including
          the *-unlikely-* source ...

  => Kalau di dalam "debat agama" kita sering mendengar
     himbauan agar tidak ada orang/kelompok yang merasa
     "memonopoli" kebenaran, maka sama halnya di dunia
     "ilmiah" juga demikian.

                             ***

     Sebagai contoh kecil bahwa kita ini masih perlu saling
     mengkoreksi, misalnya saya baru saja menemukan "kesalahan
     redaksional" di dalam iklan yang dibuat Pusat Energi
     UGM seperti saya kutip di bawah ini:

     Saya yakin yang dimaksud dengan "kapasitas"
     di bawah ini sebetulnya adalah d.a.y.a dan
     bukan e.n.e.r.g.i.

              daya = energi/satuan waktu

     --> Satuan dari daya adalah watt
     --> Satuan untuk energi adalah watt-jam
         (atau kilo watt jam / kWh ).

     Jadi semua besaran yang disebut sebagai "kapasitas"
     di bawah ini seharusnya maksudnya "daya", dan
     seharusnya satuannya watt atau kilo watt,
     dan bukan watt-jam atau kilo watt jam

     ---( ihsan hm )--------------------------

<http://indonetwork.or.id/pse-ugm/profile/pusat-studi-energi-ugm.htm>

<http://indonetwork.or.id/pse-ugm>

Selamat Datang di Pusat Studi Energi UGM

Pusat Studi Energi ( PSE ) UGM adalah lembaga penelitian
yang bergerak di bidang rekayasa dan implementasi teknologi
di bidang energi , khususnya energi terbarukan, seperti
solar cell(photovoltaic), mikrohidro, kincir angin, dan
lain-lain. Selain itu PSE juga melakukan berbagai pelatihan/
kursus yang berkaitan dengan manajemen energi, AMDAL, RUKD,
dll.

Implementasi energi terbarukan yang sedang giat dikerjakan
oleh PSE adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit
Listrik Tenaga Air Tipe Aliran(PLTAA), Pembangkit Listrik
Tenaga Air Tipe Terjunan(PLTAT). Untuk Pembangkit Listrik
Tenaga Surya PSE sudah memasang di berbagai Tempat di
Indonesia, baik dalam kapasitas kecil maupun besar.

Sedangkan untuk PLTAA dan PLTAT sampai saat ini sudah
dapat diimplementasikan untuk keperluan pemnakitan tenaga
listrik bagi daerah-daerah terpencil.

Dalam rangka membantu pemerintah dalam peningkitan Rasio
Elektrifikasi Nasional yang sampai saat ini baru mencapai
sekitar 55% maka PSE menjalin kerja sama dengan pemerintah
daerah maupun swasta untuk memasang PLTS bagi daerah-daerah
terpencil yang tidak mungkin/ belum terjangkau oleh jaringan
listrik PLN.

[...]
menawarkan pekerjaan pemasangan / instalasi mkrohidro bagi
daerah terpencil.

Anda bisa mengklik "Info Perusahaan" dan "Hubungi Kami" untuk
melihat isi dan informasi lain dari situs Pusat Studi Energi
UGM.

Kirim email ke