Miliser yang budiman,

Pagi ini, saya baca beberapa e-mail yang masuk, salah satunya dari Bung
Burhanudin Abe (pemimpin redaksi Majalah Appetite Journey dan kontributor The
Jakarta Post). Isinya tak lagi mengagetkan saya karena ini pasti penipuan,
dengan dalih macam-macam. Dan korbannya sudah begitu banyak. Konon kabarnya,
para pelakunya adalah sebuah sindikat  asal Afrika.

Modus operandinya, sindikat penipu ini mengirim e-mail ke [EMAIL PROTECTED]
yang mengaku dari adminstrator yahoo.com. Si korban diminta mengirimkan
data-data berupa Yahoo ID dan password. Nah, begitu si korban yang saking
polosnya, lalu membalas email tersebut.

Bum! Leluasalah sang penipu mengirimkan "surat tipuan" ke seluruh e-mail yang
ada di mailboxnya Bung Burhan. Yang berbeda, kini sang penipu sudah lebih
"canggih" dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Kalau dulu hanya berbahasa
Inggris saja. Yang masih sama: mereka selalu minta transfer uang ke bank
tertentu.

Waspadalah! Waspadalah!

Salam,

Radityo Djadjoeri