http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2008/11/24/3743.html

*Presiden:*

*Dalam Situasi Krisis, Tanggung Jawab Perusahaan Harus Lebih Nyata*

Lima: Dalam situasi krisis seperti sekarang, tanggung jawab sosial
perusahaan harus lebih nyata. Usulan ini disampaikan *Presiden Susilo
Bambang Yudhoyono* dalam APEC CEO Summit di Lima, Peru.

"Dalam situasi krisis, saya mengusulkan ada satu kolaborasi antara
pemerintah dan pihak swasta," kata Presiden SBY dalam konferensi pers
menjelaskan hasil-hasil KTT ke-16 APEC di Hotel Melia Lima, Peru, Sabtu
(23/11) malam waktu setempat.

Presiden SBY mengusulkan dalam dialog pemimpin APEC dengan kalangan bisnis,
sebaiknya dunia bisnis mengarahkan program Corporate Social Responsibility
(CSR) untuk membantu rakyat yang masih mengalami kesulitan karena krisis
keuangan global. "Targetnya harus lebih jelas dan efektif untuk mengatasi
permasalahan dan ini mendapat sambutan positif," SBY menjelaskan.

"Saya sampaikan bahwa bagaimanapun swasta masih mempunyai kemampuan untuk
memberikan CSR-nya, disamping pajak dan kewajiban-kewajiban yang lain," ujar
Presiden. Disinilah investasi sosial oleh dunia usaha mesti dilakukan.
"Sebab kalau rakyat merasa terbantu, tidak ditinggalkan, maka ke depan
mereka akan menjadi social capital yang dibutuhkan dunia usaha," Presiden
menambahkan. (osa/har)