Salam,

Don, banyak kejahatan Bung Karno yang bisa diekspos dan dieksploitasi kalau
kita mau. Selain beristri 8, mungkin juga dia dulunya juga suka zina. Banyak
perempuan cantik mengakui Bung Karno dan rela meski sekedar ditiduri saja.
Teman saya yang rocker kewelahan ngadepin penggemarnya buat milih teman bobo
setiap tour show di luar kota, karena banyak banget.

Tapi apa yang itu kita teladani? Kalau Nabi Muhammad SAW dikisahkan berangkat
perang dan (semestinya) juga membunuh orang dengan perang jihadnya, apa bagian
itu yang kita tiru? Seumur-umur saya belum pernah membunuh orang, dan amit-amit.

Saya belum pernah dengar orang sekarang yang "ujug-ujug" poligami. Umumnya
poligami dimulai dengan perselingkuhan, setelah lirik-lirik cewek lain lalu
mengkhianati ibunya anak-anak. Secara agama itu haram, lalu dicari-carilah
alasan pembenarannya, antara lain dengan rujukan agama. Jadi orang yang giat
poligami menjadikan agama buat stempel saja.

Perselingkuhan dalam sudut agama haram, namun secara pergaulan lebih
memperlihatkan posisi yang setara. Karena tidak ada orang yang berselingkuh
berdasarkan tekanan. Dasarnya hubungan perselingkuhan adalah suka sama suka.

Wakil rakyat poligami tidak layak jadi wakil rakyat. Bagaimana mau jujur sama
rakyat kalau sama keluarga sendiri tidak jujur. Poligami adalah bukti
ketidakmampuan menjaga keutuhan rumah-tanggga.

Pejabat atau wakil rakyat yang selingkuh wajib hukumnya diekspos dan
diturunkan, karena dia mengkhianati keluarganya. Sama keluarga saja tidak
setia, apalagi sama rakyatnya?
Poligami idem dito. Kalau orang biasa sih suka-suka..

Tidak ada paksaan dalam perselingkuhan. Tapi ada paksaan dalam poligami. "Papah
putuskan akan nikah lagi. Mamah setuju boleh, gak setuju terserah. Yang penting
Papah tanggung-jawab, nafkah Mamah dan anak-anak tetap dikasi! " begitu yang
biasanya dilakukan suami pada isteri pertama yang kepergok mau poligami. Ada
dimensi / nuansa intimidasi di situ.

Sekedar pamer tanggung-jawab dan kemampuan mencukupi semua lelaki bisa. Tapi
memberi keadilan, sebagaimana yang diinginkan Nabi Muhammad SAW? Mana ada
poligami adil. Di zaman sekarang, perempuan yang terdidik (well educated)
menerima poligami karena "dungu" dan diperdungu oleh agama atau karena (secara
sosial dan ekonomi) tidak berdaya.

Belindung di belakang Allah adalah argumentasi akhir dari pembenaran poligamer.
Nggak cerdas sama sekali. Mendingan pamer ijazah SD saja lalu bilang "Ini semua
karena Allah" dan semua urusan selesai.
"Saya beristeri dua karena Allah,
saya beristri tiga karena Allah..
Saya beristri empat karena Allah "

Prekkk.

Saya harus banyak ngaji?

Milis grup ini adalah pengajian saya.
Umur 19 tahun saya hapal fikih dan hadis dari 5 mazhab.
Jadi jangan sok mengedikte saya urusan agama,
jangan sok tahu tentang agama (Islam) di sini.
Itu makanan empuk saya.
Saya ngumbar opini di sini untuk menantang arogansi
dan mereka gemar menindas lain atas nama agama,
khususnya agama Islam.

Mas Dimas muslim apa nggak?

Maksudnya apa, sih, nanya begini?
Di internet siapa saja bisa mengaku sebagai siapa saja.
Saya PKI, saya muslim, Hindu, sosialis, demokrat,
Gerindra, Pramist,  fans Barack Obama,
pendukung partai buruh, atau apa kek, nggak penting.
Identitas itu urusan personal.
Lagipula, situ kan bukan siapa-siapa saya...

Dimas.

PS:
Menurut etika interasional, jika Anda belum akrab dengan seseorang, sebaiknya
jangan nanya status perkawinan, agama, umur, dan kewarganegaraan. Itu nggak
sopan!
Pernah ikut pengajian yang mengajarkan ini?
Belum? Kasihan.