Info buku SABDOPALON NAYAGENGGONG

Sigit Hardiyanto

Ramalan Gaib SABDOPALON NAYAGENGGONG

Kuntul Press, Solo,
2006 281 hlm, 14x20 cm

ISBN 979-97629-1-7

Buku ini konon
dapat sangat menambah wawasan untuk menyimak gejolak sejarah, berguna bagi
peneliti, mahasiswa, dosen, eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat
umum.

BAB 1    SABDOPALON-NAYAGENGGONG

1.
Ajaran
kyai KalamWadi

2.
Kraton
Majalengka

3.
Desa
Gedah

4.
Ki
ButaLocaya

5.
Kiai
Sumbre

BAB 2    PRABU
BRAWIJAYA RAJA MAJAPAHIT

1.
Tumenggung
Kertasana

2.
Adipati
Demak

3.
Garebeg
Majapahit

4.
Dimangsa
TumaningKinjir

5.
Adipati
Pengging dan Ponorogo

BAB 3
PESANTREN AMPELGADING

1.
Kabupaten
Terung

2.
Nyi
Ageng Ampel

3.
Prabu
Jimbun

4.
Nayagenggong
dan Sabdopalon

BAB 4    PERDEBATAN TEOLOGIS PRABU BRAWIJAYA

1.
Menghayati
Rasa

2.
Meninggalkan
agama Buda

3.
Awalmula
Kiblat Empat

4.
Tuhan
yang Sejati

5.
Prabalingga
karo Bangerwarih

6.
Kembali
ke Alam Kelanggengan

BAB 5    SENJAKALANING MAJAPAHIT

1.
Pasemon
para Pujangga

2.
Keajaiban
Alam

3.
Kisah
agama Srani

4.
Kitab
ManikMaya

5.
Pegangan
Orang Hidup

BAB 6    WEJANGAN KYAI KALAMWADI KEPADA ENDANG PREJIWATI

1.
Kewajiban
Suami Isteri

2.
Pawon,
Paturon, Pangreksa, Padudon

3.
Empat
Jalan Kemuliaan

4.
Bekas
Kraton Kediri

5.
Ratu
Pagedongan

BAB 7
KONFLIK KEPERCAYAAN DAN POLITIK
ZAMAN DEMAK MAJAPAHIT

1.
Wuk
Guneng Ngesti Tata

2.
Arya
Jaka Nginglung

3.
Penjelmaan
Mahluk Halus Jawa

4.
Warangka
Manjing Curiga

5.
Kearifan
dalam Bingkai Kontroversi

6.
Ajaran
Sunan Bonang

7.
Raden
Gugur

8.
Melatih
Keteguhan Jiwa

BAB 8    SERAT DARMOGANDUL

1.
Puruhita
Mring Raden Budi

2.
Asal
Mulane Islam jawa

3.
Medhang
Kasapta

4.
Carita
Bedhahe majapahit

5.
Darmagandul
Matur

6.
Kitab
Manikmaya

7.
Endang
Prejiwati

BAB 9    PARA PEMBELA DINASTI MAJAPAHIT

1.
Rahardyan
Kebo Kenongo

2.
Perdebatan
Ki Ageng Pengging

3.
Duta
Politik Demak

4.
Sabda
Para Guru

5.
Penafsiran
Ajaran Siti Jenar

6.
Ilmu
Ketuhanan Sejati

PUSTAKA

Any, Anjar, 1983. Ramalan Jayabaya,
Sabdapalon, dan Ranggawarsita. Apa yang terjadi.

Ardhani, 1990. Pemikiran KGPA Mangkunegara
IV

Aryandini, Woro, 1996. Citra Bima
Sepanjang Masa

BalaiPustaka, 1939-1941. Babad tanah Jawi.

Bratadiningrat, GRAy, 1990. Asal Silah
warna-warni.

Bratakesawa, 1952. Katrangan
CandraSengkala

Buwana IV, Paku, 1925. Serat Wulangreh.

Darusuprapta, 1972. Wayang dan
Kesusasteraan Jawa

--, 1984. Babad Blambangan : Pembahasan,
Suntingan, Naskah, Terjemahan.

Haryanto, S, 1998. Pratiwimba
Adiluhung  Sejarah & Perkembangan
Wayang

Hazeu, GAJ, 1987. Kawruh Asalipun Ringgit
sarta Gegepokanipun Kaliyan Agami ing Jaman Kina

Hermansoemantri, Emuch, 1979. Sejarah
Sukapura, sebuah Telaah Filologis

Ikram, Achadiati, 1978. Hikayat Sri Rama.
Suntingan naskah disertai telaah amanat dan struktur.

Jayasubrata, raden Panji, 1917. Babad
tanah Jawi.

Kamajaya, 1980. Pujangga Ranggawarsita.

--, 1992. Karangan Pilihan KGPAA
Mangkunegara IV.

--, 1985. Lima karya Pujangga
Ranggawarsita

Kartodirdjo, Sartono, 1987. Pengantar
Sejarah Indonesia baru

Marsono, 1996. Lokakarya, Suntingan Terks
Terjemahan Struktur

Meinsma, JJ, 1903. Serat Babad Tanah jawi,
wiwit saking nabi Adam dumugi ing tahun 1647.

Moedjanto, G, 1994. Konsep Kekuasaan Jawa,
Penerapannya oleh Raja-raja Mataram

Moertono, Soemarsaid, 1984. Budi dan
Kekuasaan dalam Konteks Kesejarahan

--, 1985. Negara dan Usaha Bina Negara di
Jawa. Masa lampau, studi tentang masa Mataram II

Moertjipto & Bambang Prasetya, 1999.
Mengenal candi Siwa Prambanan

Padmawarsita, 1953. Silsilah Kraton
Surakarta

Padmosoekotjo, S.,1960. Memetri Basa Jawa

Partokoesoemo, Karkono, 1998. Falsafah
Kepemimpinan dan Satria jawa dalam Perspektif Budaya

Poerbatjaraka, 1964. Kapustakan Jawi.

Poerwadarminta, WJS, 1939. Bausastra Jawa

Poespowardojo, Soerjanto & K.Bertens,
1983. Sekitar manusia, Bunga rampai tentang Filsafat Manusia

Ramlan, M, 1975. Babad Tanah Jawa

Ranggawarsita, komite, 1933. Serat babad
Lelampahanipun Swargi R.Ng.Ranggawarsita

Ranggawarsita, R.Ng., 1993. Serat
Pustakaraja Purwa

Sindusastra, 1978. Sejarahipun Para ratu
ing Surakarta

--, 1978. Bedhahipun Lokapala

Siswoharsoyo, 1952. Serat Dewaruci

--, 1957. Serat Guna Cara Agama

Sucipto Wiryosuparto, 1972. Kakawin
Bharatayudha

Soeratman, Darsiti, 1989. Kehidupan Dunia
kaum Surakarta 1830-1939

--, 1990. Istana sebagai Pusat Kebudayaan
Lampau dan Kini

Soerjohoedojo, Soetardi, 1996. Pepali Ki
Ageng Sela

Soesilo, 2000. Ajaran Kejawen sebagai
Pedoman Hidup

Sudewa, A., 1989. Serat Panitisastra :
Tradisi, Resepsi dan Transformasi

--, 1995. Dari Kartasura ke Surakarta

Sutarna, 1995. Wayang Kulit Purwa

Tandhanagara, KRT, 1959. Carita Adege
Nagara islam ing Demak Bedhahe Nagara Majapahit

Yasadipura I, 1912. Serat Rama

--, 1920. Serat babad Giyanti.

Yasadipura I, 1930. Serat Bratayuda

--, 1934. Serat Dewaruci Jarwa Sekar
Macapat

--, 1934. Serat BimaSuci, berbahasa Jawa,
berhuruf Jawa, berbentuk tembang Macapat

--, 1972. Serat Dewaruci Jarwa Sekar
Macapat (alih aksara)

--, 1979. Serat BimaSuci (alih aksara)

Yasadipura II, 1982. Serat Darmasunya

--, 1982. Serat Wicara Keras

--, 1982. Serat Sasana Sunu (alih aksara)

Catatan : MENTERI PENDIDIKAN (apakah masih
berbudaya dan kenal sejarah, dia kini ?)

ILMU KETUHANAN SEJATI

...saya ini petani wutun desa, hanya
menanam padi, palawija dan sebagainya...saya hanya membimbing orang yang tidak
tahu jalan...lagipula, bumi dan langit ini bukan milik sultan, melainkan milik
orang banyak. Milik raja hanya pajak, karena dia sudah membuat uang.
Kebalikannya dunia ini adalah milik orang banyak, yang didalamnya hakikat Tuhan
bersemayam. Dan inilah yang saya yakini. Siang malam Dialah yang memerintah
hati saya. PerintahNya yang saya patuhi dan yakini. Jasad saya mustahil
bergerak tanpa kehendakNya. Sebaliknya bila Dia kehendaki, walau mendaki gunung
Merapi sekalipun, jasad saya akan bisa melakukan...Air kehidupan, atau arabnya
ma’ul hayyat, air hidup itulah yang dulu dicari oleh Sang Sena. Dalam bahasa
HinduBudha TIRTA PRAWITA. Adapun tempatnya di UNING ANONG UNINONG ANING.
Sampaikan pada sultanmu agar dia belajar tahu...