Sekedar menambahkan dan turut urun rembug :

1. Benar kak Ari, sejak tahun 2002 (kalo ga salah) Indonesia keluar dari
keanggotaan WAGGS kalo ga salah dulu itu dikarenakan beban untuk iuran
keanggotaannya cukup membebani Kwarnas sehingga diputuskan untuk keluar saja
dan Pramuka putri digabung dengan WOSM
2. Tentang kedudukan Pramuka dengan OSIS, tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan
yang pesat dalam *jumlah anggota*, dipacu oleh pembentukan Gudep-gudep
berpangkalan sekolah sehingga Kepramukaan yang tergolong pendidikan luar
sekolah, menjadi bagian pendidikan sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler
yang diatur oleh OSIS, Tata hubungan yang sudah baku di pramuka, yaitu
hubungan Gudep dengan Mabigus, atau Gudep dengan Mugus, tercampur rancu
dengan tata hubungan sekolah-OSIS-BP3/Komite Sekolah. OSIS memang
satu-satunya organisasi kesiswaan yang ada disekolah, dalam kondisi ini
akhirnya Pramuka juga dimasukkan sebagai bagian dari OSIS, kalo ga salah
masuk ke Bidang Pendidikan Berorganisasi, Politik dan Kepemimpinan. Padahal
kan seharusnya Pramuka itu benar-benar organisasi diluar sekolah (bukan
intrakurikuler). Ya semua tergantung pada kita2 juga ?????
3. Tentang Jadual LT V yang berubah..... disitusnya Kwarnas ga ada
informasinya...... saya ga bisa bantu jawab.
4. Tentang 100 tahun Gerakan Kepanduan Dunia, saya pernah baca di situsnya
WOSM (www.scout.org) disitu salah satu yang diajukan oleh Gerakan Pramuka
sebagai bentuk Gift for Peace( http://www.scout.org/giftsforpeace/) adalah
penanganan masalah Anak-anak jalanan di Indonesia, membantu mereka untuk
memahami apa hak dan menyelenggarakan perkemahan untuk mengajarkan tentang
life skills dan jika dimungkinkan menarik mereka untuk bergabung dg pramuka,
 tapi ga tau apa upaya Kwarnas untuk mewujudkan program itu, sampe sekarang
ga ada kabarnya, apa kegiatannya, bagaimana pelaksanaannya, apa yang perlu
disiapkan, dimana, kapan dlsb????
usul : gimana kalo kegiatan Rainas 2008 kita fokuskan ke kegiatan ini
aja?????

Andi Iswoyo
Gudep Surabaya 1815