nimbrung lagi ah,
saya liat SAKA harus lebih mengembangkan perannya di masyarakat. selama ini
perannya kurang, kak. maaf, tapi saya memposisikan sebagai orang awam.  peran
SAKA bhayangkara baru terasa saat bantu atur lalin pas lebaran/ taon baru aja.
kemana SAKA bakti husada padahal DBD ama diare udh jadi KLB di beberapa daerah.
belum lagi SAKA taruna bumi & wana bakti yang seperti bertarung dengan makin
minimnya lahan pertanian & kehutanan. SAKA lainnya juga sama, minim perannya di
masyarakat. apa hebatnya segudang konsep revitalisasi kalo masyarakat belum
merasakan peran anggota Pramuka ?

sudah saatnya kita mengembangkan peran kak. bhayangkara yang di backup polisi
tentu bisa mengatur supir2 angkot yg ngetem bikin macet atau membantu di
penyebrangan jalan. kalo kita minggu pagi lari di senayan, ada mahasiswa FK yg
buka stan periksa tensi darah tp bayar. kenapa bakti husada gak seperti itu tp
gratis. di bekasi ada seorang ibu rumah tangga yang bisa ngajak tetangganya
bikin penghijauan di perumahannya, maka saya rasa taruna bumi & wana bakti juga
bisa lakuin hal serupa. saka kencana bisa lebih berperan dalam mencegah
tingginya seks bebas remaja dgn penyuluhan di gudep (SMP)/ ambalan. dan saka
lainnya yang tentu bisa lebih berperan. so, ayo dong kak!