Kakak ... kakak

Masih ingat Kak Lita Uditomo yang awal tahun 2007
pernah posting di mailing list pramuka ?  Ketika itu,
Bunda yang memiliki tiga putera ini, meminta masukan
soal pembina dan kepramukaan. Rupanya Kak Lita dan
suaminya berniat mendirikan gugus depan di kompleks
rumahnya, Griya Depok Asri, Kota Depok, Jawa Barat.

Kegiatan pramuka akhirnya berjalan di salah satu
perumahan mewah ini. Malahan anggotanya ada yang dari
perumaham Mutiara Depok dan Gema Pesona, tetangga
Griya Depok Asri. Kakak-kakak bisa lihat aktivitas
gudep ini di http://pramukakita.multiply.com/

Setelah menyiapkan diri sekian lama, Selasa, 20 Mei
2008 pagi, Kwartir Ranting Sukmajaya meresmikan gudep
ini dan memberikan nomor: 2255 & 2256. Acaranya
sederhana, di lapangan bulu tangkis perumahan
tersebut. Kak Asep Komarudin,  ketua Kwartir Ranting,
hadir dalam acara tersebut. Begitu juga ketua RW dan
para orangtua yang anaknya menjadi siaga dan
penggalang.  Tidak ketinggalan Kak Egi, anggota
mailing list ini.

Saya ajak istri dan anak nomor dua, menyaksikan acara
bersahaja dan bersejarah tersebut. Ya, Kak Lita dan
rekan-rekannya memang sengaja memilih tanggal 20 Mei:
100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional. Kepada Kak
Uditomo saya mengucapkan selamat dan harapan agar
Gudep ini terus eksis serta menjadi contoh warga
perumahan lainnya.

Malam hari di rumah, saya menyaksikan semua stasion TV
menayangkan secara langsung peringatan 100 Tahun
Kebangkitan Nasional dari Gelora Bung Karno, Senayan.
Presiden SBY dan istri, Wapres MJK plus istri dan para
penggede lainnya duduk di ruang VIP. Seratus ribu
warga, termasuk 5000 anggota pramuka, juga tumplek
blek di  stadion kebanggaan bangsa Indonesia.

Namun saya kurang nyaman menyaksikan gegap gempita
tersebut [orang Indonesia memang lebih senang
seremonial].  Pikiran saya masih nyantol di perumahan
Griya Depok Asri. Saya kagum dengan pengabdian Kak
Lita, Kak Uditomo, Kak Lilik, Kak Ita, Kak Widodo, Kak
Putri, Kak Arifin dan lainnya.

Bagi mereka, berdirinya Gudep mungkin langkah kecil.
Namun hal itu bisa menjadi langkah besar bagi kemajuan
Gerakan Pramuka. Semoga.

Salam Pramuka
- uwd -

"That’s one small step for man, one giant leap for
mankind,”  kata Neil Amstrong, manusia yang pertama
kali menginjakkan kaki ke Bulan.

Kirim email ke