Saya setuju dgn k'yudhi.

Dan sy jg punya saran, sptnya byk materi KPD & KPL yg direvisi disesuaikan
dgn perkembangan jaman, spt usul k'Yudhi adanya teknologi (saat ini seorang
Trainer/Pelatih hrs mempnuyai keahlian video editing utk memperkaya dlm
materi yg disampaikan), kemampuan melakukan Training Needs Analysis, metode
pelatihan yg baru, teknik evaluasi pelatihan, dll.

Selain itu diluar sdh banyak pelatihan Training for Trainer (kl bhs
pramukanya KPD/KPL) dgn memberikan gelar profesional dr yang practitioner
s.d master, bahkan ada Trainng for Trainer utk materi yg spesifik, contoh
Trainer EQ (Emotional Intelligence), Trainer NLP (Neuro Linguistic
Programming), Trainer Accelerated Learning, dll. Dan materi trainingnya sy
lihat lebih unggul dr pd materi training KPD KPL yg sptnya tdk berkembang dr
tahun ke tahun. saya usul bgmn jika bisa dibuat kesetaraan/ penyesuaian bagi
anggota pramuka yg sdh mengambil Training for Trainer tsb, so jd tinggal
mengikuti materi ttg pramukanya sj.

Jika Pramuka dpt melakukan penyesuaian baik dr materi maupun kpd personal,
yg diarahkan kpd profesional, maka materi KPD/KPL tdk hanya profesional di
kalangan Pramuka ttp jg dpt diterima di kalangan profesional Training di
luar Pramuka (artinya pengetahuan yg didapat di pramuka tdk hy bermanfaat
utk dirinya sendiri di kalangan pramuka ttp jg bermanfaat bagi dirinya di
luar kalangan pramuka)

Trainers Club Indonesia 5th Anniversary

Life for Success

Salam Trainer