Kak Yudi

Setuju Kak, tradisi lama jangan ditinggalkan.  Tradisi adalah sesuatu yang
harus selalu kita pegang teguh dengan tetap melihat factor kekinian dan masa
depan. Tradisi brotherhood, Scout Promise, Scout law adalah tradisi yang harus
dipertahankan. Pengetahuan dasar kePramukaan seperti pioneering, Navigation,
Kim Training, signal  dsb  harus terus dikembangkan, karena pada buku Scouting
For Boys, Bapak Pandu sedunia BP mengatakan :

“….you will be fitting yourself to help your country and to be service to other
people who may be in need of help. That is the best men are out to do”

Dengan kemajuan teknologi saat ini sebaiknya para Pembina dan pelatih tidak
mulai memahami teknologi, sebab itulah dunia saat ini yang selalu berubah dan
pastinya cepat sekali berubah. Sebagai contoh  anak saya Siaga berumur 7 tahun
dan teman-temannya sudah bolak-balik pake facebook dan email serta mendapatkan
data-data dari seluruh dunia melalui internet. Dia sudah memiliki teman-teman
dari berbagai Negara dengan kepolosannya Pembinanya pasti akan kerepotan
menanggapi pertanyaan apabila tidak ikut mengakses.

Pendidikan anak kita sekarang bukan untuk mendidik anak menghadapi dunia saat
ini, kita harus mendidik anak kita untuk mampu survive saat dia dewasa. Kalau
saya saat ini sedang menyiapkan dia untuk menghadapi kehidupan 20 tahun lagi,
saat dia dewasa dan mungkin saya sudah tidak bisa lagi menjadi pelindungnya.

Ini mimpi saya Kak, yang pasti dunia selalu berubah dan satu-satunya kepastian
di dunia adalah perubahan itu sendiri. Kita para Pembina dan para pelatih harus
mempersiapkan anak-anak dan adik-adik kita menghadapinya.

Salam Pramuka

Dedi Wibowo