Salam Pramuka,
Saya setuju dengan kak Hendro, kalau kembali ke sejarah, para pendahulu
kita membentuk Gerakan Pramuka adalah agar para Pandu tidak terpecah
belah apalagi digunakan untuk kepentingan golongan tertentu termasuk Partai.

Kepanduan sendiri lebih mementingkan bakti kepada Negara daripada bakti
kepada partai atau golongan yang membentuk pandu itu. Maka daripada itu
pantaslah para pendahulu kita membentuk Gerakan Pramuka.

Mengenai komentar Menteri Pendidikan Nasional, yang dapat saya ambil
kesimpulan adalah bahwa beliau sangat tidak mengerti apa itu Gerakan
Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana (Gerakan Pramuka).

Gerakan Pramuka dibentuk sebagai kelanjutan Pendidikan Kepanduan di
Indonesia, tujuan utama dibentuknya adalah diantaranya untuk mencegah
kepanduan dijadikan alat oleh partai dan golongan, sehingga para pandu
itu lebih loyal kepada partai daripada kepada negara.

Saya tidak mempermasalahkan PKS memiliki itu, sudah saya katakan sejak
awal adalah boleh tidak kita membentuk organisasi kepanduan di luar
Gerakan Pramuka. Legal tidak kalau saya seorang Aries Aprilian yang
bukan seorang tokoh politik, bukan seorang pejabat membentuk organisasi
kepanduan sendiri?

Saya pribadi sebenarnya tidak setuju dengan pembentukan organisasi
kepanduan di luar Gerakan Pramuka mengingat tujuan dibentuk gerakan
pramuka yang sangat mulia itu. Tapi saya juga gerah jika ada pihak lain
membentuk organisasi kepanduan, kalau mereka bisa kenapa saya tidak???

Intinya di sini bukan berarti saya iri atau bagaimana dengan
organisasi-organisasi itu, tapi yang saya inginkan adalah kejelasan
sehingga bisa diambil suatu kesimpulan. Perkataan Mendiknas seperti itu
secara tidak langsung ada dua kesimpulan. Kesimpulan pertama adalah
beliau secara tidak langsung mengatakan bahwa boleh ada organisasi
kepanduan lain diluar Gerakan Pramuka, dan kesimpulan kedua adalah
beliau tidak tahu menahu akan Gerakan Pramuka.

Oh ya, saya mengangkat tema ini bukan berarti saya tidak peduli akan
bencana di situ gintung, tapi saya kira diskusi boleh saja tetap
berjalan disamping disalurkannya bantuan ke sana.