Karena  Suryana itu udah jadi sedeng sejak ketangkap basah nggak keberatan
Tawang bilang dia pengennnya semua perempuan Tionghoa, jadi istri dan anak
perempuan Suryana juga, diperkosa orang Islam, maka Suryana demen unjuk isi
otaknya yang sudah rusak itu.

Omongan yang tidak begitu jelas dari orang yang tidak begitu jelas pula
identitasnya ini  dilahapnya begitu saja.

Pada hal saya sudah menjelaskan bahwa:

(1) kebanyakan orang yang dibantu oleh voedsel bank itu adalah orang-orang yagn
dililit kredit, yaitu orang yang tidak bisa mengelola uangnya dan suka beli
barang kreditan hingga uang yang tersedia untuk biaya hidup sehari-hari berada
dibawah (tahun yang lalu seingat saya) sekitar 150 euro tiap bulan untuk satu
orang.

(2) Dan dengan 150 euro itu sebenarnya cukup untuk membeli bahan makanan asal
tidak sering makan sirloin steak, tidak suka makan di restoran dan tahu
berbelanja di supermarket yang murah, tapi tetap berkwalitas Jerman seperti
Aldi atau dipasar; atau tahu membeli sayur dan buah-buahan menurutkan musim,
jadi nggak sering beli tomat di musim dingin misalnya, tapi dimusim panas. Dan
supermarkt itu juga tiap minggu ada "special offer"nya yang sungguh murah.
Minggu yang lalu misalnya ada supermarkt yang menjual 10 kilo kentang dibawah 2
euro. Pernah sekali di pasar saya beli 10 kilo bawang bombay 1 euro..

(3) Inisiatif untuk bikin voedsel bank itu juga diambil karena orang Belanda,
umumnya orang gereja, merasa sayang melihat berton-ton  buah-buahan, sayur dan
bahan makanan lain yang segar tapi dibuang tiap hari oleh supermarket karena
salah bungkus atau salah etiket atau alasan lain. Bahan makanan inilah yang
dikumpulkan oleh aktivis voedsel bank itu dengan jaminan tertulis dari
supermaeket bahwa bahan makanan itu masih segar, tidak rusak.

Saya nggak yakin voedsel bank menerima bahan makanan dari orang perorangan,
karena tidak ada jaminan tertulis bahwa bahan makanan itu masih segar.
Resikonya terlalu besar buat mereka, karena mereka bertangugng jawab bila ada
yang sakit karena dapat paket bahan  makanan yang tidak mereka kontrol.

Tu penulis juga jelas orang yang tidak tahu mentalitas orang Belanda yang
biasanya memberikan pertanggungan jawab terhadap tiap uang sumbangan yang
mereka terima - ini kalau memagn ada voedesl bank yang menerim bantuan dari
orang perorangan, karena biaya eksploitasinya biasanya ditanggung oleh
kotapraja..

Dan tu orng jelas tidak tahu diuntung juga: dia bantu, katanya, orang Belanda
yang diurus orang Belanda dengan baik, dia bukannya mengirimkan uangnya untuk
menolong orang yang kekurangan di Indonesia.

Soal krisis, yang berat dilanda krisis itu adalah negeri Eropa Selatan dan
bukan negeri Eropa Utara..