Yup sebelum Lokasari jadi mall, adalah tempat kumpul cina totok, usaha yg
paling banyak cukur rambut sambil korek kuping ( jadi bisa merem melek ),
persewaan buku biar lokasinya becek tetap saja buka sampai malam, bioskop
ada 3 ( Rukiah, Taman Sari dan 1 aku lupa lagi ), nontonnya seru beli karcis
kelas kambing bisa pindah ke kelas 2, nontonnya ada istirahat, di saat
istirahat para pedagang seliweran, tak lupa asap rokok tebel hampir seperti
awan.

Ada tempat olah raga basket, di sini aku banyak teman pemain basket hanya
aku gak hobby jadi nonton mereka latihan sambil baca buku silat, bila sedang
tanding jadi supporter doangan, sejak bola basket dikuasai klub Indonesia
Muda, satu demi satu pemain basket cina mundur teratur, karena keseringan di
curangi wasit.

Di Lokasari juga banyak restaurant, menu nya aneh aneh, mulai dari ular,
kadal sampai monyet juga ada, aku hanya berani nyoba makan nyali ular dan
darahnya, konon bisa bikin halus kulit, aku hanya nyoba kayak apa rasanya
doangan.

Dan memang ada beberapa toko khusus merekam lagu atas permintaan, yg ini aku
malah belum pernah nyoba, maklum kere abis, dari pada cassette mendingan
cukur rambut dan nyewa buku silat.
Bila sesama cina ngobrolin nya bolak balik sara melulu, sampai pemilu juga
di jadikan bahan omongan, biasanya pada nyoblos PDI, aku diwanti wanti gak
boleh nyoblos PPP.

Sekarang Lokasari sudah masuk bagian kapitalis, budaya jadulnya sudah habis,
egois lebih menjadi primadona, memang tidak semuanya semisal bagian jualan
accessories HP pusatnya di satu toko, bila ada pembeli di toko lain maka
barang diambil di toko tersebut, sedang bon nya cukup dengan ngomong
doangan.

Tahun lalu aku masih suka ke sana, di tempat parkiran ada cafe Today
Country, lumayan buat ngobrol santai, begitu jam 8 malam mulai masuk musik
inex, ditutup karena ada psk dibawah umur, bangkrut ( kayaknya saingan
lokasi ) karena  sekarang dibuka lagi lebih modern, hanya musiknya gedebag
gedebug doangan, kurang enak buat santai.

Sekarang palingan ke Crown disana ada spa, sauna, buat nyantai sambil
berendam layaknya borjuis, tanpa macem macem 75 rebu perak, tanpa batasan
waktu, enak buat ngobrol juga.

Hanya yg sekarang aku heran, susah banget nyari anak muda yg kelayapan ke
tempat seperti ini, entah kelayapan kemana, aku udag sampai ke jl Jayakarta,
tetap saja susah nyari anak muda cina kotanya, entah sudah pada waras entah
sudah lebih gila, kononnnn pada nyari gratisan.

Mengenai yg di olimo aku gak perhatikan, padahal dari tahun 78-79 kerjaku
dijalanan Mangga Besar, nongkrong di tukang roti, bila ada rejeki masuk
panti pijat, di panti pijat bisa dibilang sudah dikenal, jadi bisa ngutang
mijit, pergi sore pulang pagi, hampir dua tahun jadi kalong, kerjanya
taruhan nomor mobil yg lewat doangan, gak pakai duit.