sebenernya bukan istirahat beneran, tapi lagi "ganti roll".
denger2 jaman dulu mekanisme pemutaran film di bioskop indonesia
kayak gini (cmiiw):

- roll pertama sepanjang 60 menit diputar di bioskop A, sisanya
lagi diputer di bioskop B.
- bioskop A selesai roll pertama, dia kudu nunggu kiriman roll
sambungannya dari bioskop B yg bisa jadi jaraknya 30 menitan
dianter pake kurir, nah jeda waktu itulah yg dijadikan "waktu istirahat".

saya malah pernah ngalamin nonton di bioskop misbar (gerimis bubar).
karena bioskopnya semi open air, di bagian belakang masih
ada atap, yg di depan murni tanpa atap.
begitu gerimis otomatis penonton depan pada bubar, pindah ke belakang
yg masih beratap.
film tetap dilanjutkan, dengan 'siluet' titik2 hujan di layar tentunya.

sekarang jaman film digital, 1 bisokop bisa/boleh punya copy film
lebih dari 1 karena medianya sudah dlm bentuk elektronik, bukan
selulosa lagi.
jadi film transformers di blitzmegaplex bisa diputer di 8 studio sekaligus di
lokasi yg sama, sebagian studio dgn fitur 3D.
inilah era di mana tukang nganterin roll film langsung pada pensiun.

teknologi sinema selanjutnya, yg saya bayangkan, adalah teknologi holografik.
saya membayangkan suatu hari, pertandingan manchester
united lawan manchester city bisa disaksikan di stadion utama
senayan. bukan ditampilkan dengan layar lebar secara 2D,
tapi dengan tembakan2 laser ke lapangan hijau, sehingga para pemain tampil
secara 3D beneran di lapangan hijau.
jadi para pemain itu se olah2 lari2 beneran di stadion senayan.

asik kan?