dalam pemikiran saya

1. didalam perkawinan, ini tidak sekedar masalah akte formal, ketika didalam
perkawinan sudah tidak ada perasaan mencintai dan saling membutuhkan, lebih
baik bercerai, demikian juga didalam suatu ikatan nation, ketika didalamnya ada
 penindasan, lebih baik ikatan nation dibubarkan,

tidak ada gunanya persatuan atau ikatan didalam nation kalau didalamnya terjadi
penindasan satu sama lain.

2. Ketika terjadi 'perceraian' baik individu ataupun nation, mereka akan
mempunyai pilihan-pilihan lain,

tentu ada possibility mereka telah meraih pasangan yg lebih baik...
atau juga ternyata mereka malah meraih pasangan yg lebih buruk dan kemudian
mereka berpikir untuk kembali kepada kita...

dalam hal ini ada kisah nyata, revolusi orange yang dibangun Yulia Tymoshenko
dan Yuschenko untuk menjauhi Russia hancur lebur, sekarang Ukraine dipimpin
oleh Yanukovich  yang pro Russia, ini pemilihan sekitar 2 tahun lalu, terbukti,
ketika Yulia Tymoshenko dan Yuschenko mengibarkan revolusi bercerai dengan
Russia, ternyata dalam pemilihan umum demokratis beberapa tahun sesudahnya,
rakyat Ukraine memilih bekerjasama kembali dengan Russia.

terjadinya EurAsia, juga menandakan bahwa negara-negara ex-soviet kedodoran
semua setelah ditinggal Russia, dan beberapa dari mereka memilih ingin 'rujuk'
kembali dengan Russia...

3. Saya kira sangat naif apabila seseorang/nation takut menghindari
resiko,...resiko harus dihadapi...

4. Di Komunis Indonesia ada statamen saya

'Apabila saya menjadi ketua partai, dan ditubuh biro khusus mudah terjadi
kesepakatan, atau jarang terjadi perbedaan pendapat, atau jarang terjadi
perdebatan, dan semua keputusan-keputusan ketua biro khusus atau komite central
mudah diamini,

maka saya akan bubarkan partai dan biro khususnya, ini menandakan biro khusus
terjerat dogmatisme, dan macetnya dialektika,

Biro khusus bertugas untuk melakukan dialektika yang diwakili oleh orang-orang
pilihan, biro khusus ini seperti duma/representasi massa partai, mereka harus
diberi kebebasan sepenuh-penuhnya untuk menyatakan dan menyanggah setiap
pendapat, namun ketika keputusan diambil, tidak boleh seorang-pun
mengkhianatinya atau keputusan itu harus didukung penuh oleh biro khusus.

Statemen saya lagi:

'Selama kita tidak melakukan penindasan (kepada pihak lain), maka kita tidak
perlu ada rasa kekhawatiran ketakutan thd pecahnya nation'

philosophy marxisme adalah mementingkan menghilangkan penindasan daripada
persatuan, lebih penting menghilangkan penindasan daripada persatuan jang
dibangun oleh penindasan...

lebih baik bercerai namun penindasan hilang, daripada persatuan dengan penuh
penindasan...

dan saya meyakini, ketika kita adalah  orang-orang humanis tanpa penindasan,
maka secara otomatis orang-orang ingin bersatu bersama kita,

persatuan realis, hanya bisa dibangun melalui humanisme/tanpa penindasan, bukan
ikatan-ikatan formal, jargon, doktrin, dogma tapi penuh penindasan...

bagi saya, 'persatuan real hanya bisa dibangun dengan cara persatuan jang tanpa
penindasan, atau persatuan karena kesadaran ingin bersatu, kesadaran saling
membutuhkan'

saya kira:

'selama kita tidak menindas orang lain, maka disitulah akan terjadi atau lahir
perasaan egaliter yang ingin bersatu'

*ws)

#Renaissance *Love-science-Art-philosophy-iMaGInaTIon*