Seorang pencuri sedang di interogasi di kantor polisi.

Polisi: "Ada 3 rumah yg sama. Mengapa kau memilih rumah yg ketiga?

Pencuri: "Ya, karena... Sebelumnya, aku selalu menyamar sebagai petugas
pengirim barang & mengamati rumah sasaran.
Kemarin aku menemukan 3 rumah itu. Begitu diperbolehkan masuk, aku melihat
rumah pertama ada begitu banyak bunga di sepanjang jalan masuk. jadi aku
memutuskan tidak mencurinya.

Polisi: "Mengapa?"

Pencuri: "Pengalamanku mengatakan orang yg menyukai bunga cenderung sgt rajin &
jarang tidur. Menggali, menanam & memberi pupuk membutuhkan banyak perhatian &
kerja keras. Jadi, aku memilih rumah kedua. Di rumah kedua itu, aku
memperhatikan ruang kerjanya. Rak bukunya yg indah penuh buku. Jadi, aku
memutuskan tidak mencurinya juga".

Polisi: "Mengapa?"

Pencuri: "Sebab orang yg membaca byk buku cenderung berkepribadian tenang &
tertata apik. Mereka mengunci pintu dgn baik & kesempatannya kecil bagi pencuri
seperti aku".

Polisi: "Jadi, tinggal rumah ketiga dong".

Pencuri: "Jika rumah yg ketiga sama seperti lainnya, aku menyerah & akan pindah
sasaran ke rumah berikutnya. Tetapi rumah yg ketiga berbeda. Ketika mengintip
ke dlm rumah, aku melihat sepatu² berserakan di sana-sini. Org yg tdk peduli
mengatur sepatunya biasanya tdk mengunci pintu. Jika ada sepuluh pintu,
setidaknya ada satu atau dua yang tidak terkunci. Itulah pilihanku. Sayangnya
tertangkap".

PESAN MORAL

Kebiasaan kita dapat mengubah takdir kita.

Burung-burung pagi bisa mendapat cacing-cacing terbaik.

Orang yang rapi dan teratur akan mendapatkan tempat yang leluasa.

Jika kita membangun kebiasaan menikmati membaca buku, membersihkan & merawat
barang² yg terkecil pun, maka kebiasaan ini akan membuat kita lebih bahagia di
masa depan.

Ch@​​™
pin: 21EF6D92
Surabaya