sbg  sharing saja,
saya mencoba ingin mengetahui agama dan tuhan,
awalnya dari buku Karen Armstrong, berjudul 'Sejarah Tuhan' dan 'Biography of
prophet' dalam buku biography Mohammad, Karen mengulasnya secara netral,

kemudian saya mendapatkan buku2 neurosains terutama dari Dr. Rick Strassman dan
Terence Mc Kenna, serta juga Antonio Damasio

lalu saya coba membaca penjelasan Lenin, Plekhanov, dan berlanjut ke fisika

pada dasarnya saya melihat ada 2 conception utama dalam memandang alam raya

1. paham supernatural, yaitu alam digerakan oleh tuhan personal, ini termasuk
agama, dewa-dewa, jin, dlsb

2. paham naturalisme atau biasa disebut materialisme, fisikalisme, atau atomis,
paham ini awalnya dibawa oleh epicurus, demokritus, heraclitus, anaximander dan
dilanjutkan oleh fisikawan saat ini

paham ini sangat simple, bahwa alam raya ini terdiri dari partikel2 yang
bergerak sendiri (uncertainty fundamental), mereka semua terkoneksi, dan itu
membentuk sebuah pentas pertunjukan alam semesta yang selalu tidak pernah sama
dan eksotis

dalam hal ini alam raya tidak digerakan oleh tuhan personal, tapi oleh
supertrillion partikel yang saling terhubung...

-----
apabila pemikiran kita menganut konsep ini, maka sholat minta hujan, sholat
gerhana, sungguh suatu perbuatan tidak masuk akal/tidak rasional, hehehe