Ya, perlombaan kecerdasan dan bukan perlombaan senjata..

Perhatikan usaha orang sejak bahagian kedua abad ke XIX  untuk memajukan
perdamaian...

Dan, sejajar dengan itu, usaha orang untuk mengurangi persenjataan..

Akan halnya Rusia adalah negeri yang banyak menghasilkan matematisi - seperti
juga India.

Negeri yang juga banyak menghasilkan pemain catur...

Orang Tionghoa, seperti juga orang berbudaya konfusius di negeri lain, punya
etos kerja yang luar biasa.

Yang masih menggelisahkan di Rusia dan Tiongkok itu adalah penindasan hak-hak
azasi manusia dan kesenjangan sosial..

Otak orang Indonesia sayangnya dirusak oleh agama najis Islam dan rata-rata
orang Indoensia jadi rancak dilabuah, sekedar konsumen hasil pikiran orang lain.

Perhatikan hal berikut: orang Indonesia jadi imigran rata-rata jadi babu dan
jongos....

(Saya masih ingat Tawang yang bangga punya sudara yang jadi sopir di Arab
Saudi)

Orang Tionghoa, Vietnam yang konfusius dimana-mata pada jadi entrepreneur...