--- In proletar@yahoogroups.com, "tawangalun" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Sepintas lalu Pemdun berhasil nyalahke Quran ,tapi kenapa kok yang
> membakar Galileo Galilei itu justru malah gereja,kapan wong masjid
> mbakar ilmuwan.Soale banyak isi Bijbel yang menurut petinggi gereja
> dianggap berlawanan dengan sang ilmuwan dan dianggap
> membahayakan.Nek Islam untuk mengupas tafsir tentang kejadian
> manusia harus menggunakan ahli bahasa Arab plus pakar ilmu
> kandungan.Mau mengupas tafsir gunung yang merupakan pasaknya bumi

gereja sudah tidak pakai cara2 ini. Orang Islam harus belajar dari
sejarah. Sekarang ini dalam nasrani perbedaan pendapat tidak harus
disikapi dengan fatwa memfatwa, bakar membakar dan bunuh membunuh.

yo
> harus melibatkan pakar vulkanologi dan geografi/geologi.
> Ganti bab sekarang tak critani tadi malam aku dengerin ceramahnya
> Walbrodus Romanus Lasiman,ini mantan pendeta tapi saiki ceramah
> dimasjid katanya:
> 1.Yesus itu puasa 40 hari jadi mirip Islam puasa 30 hari plus
syawal

Isa itu puasanya SUNNAH, bagian dari tirakat dan do'a. bukan wajib.

> 7 hari,tur pada bulan 9 ,la bulan 9 itu kan bulan Ramadan,cuman
ayat
> perjanjian lamanya saya lupa.
> 2.Dewi Maria itu Jilbaban ,coba lihat patung2 bunda Maria.

Ya, orang Islam masih meneruskan dengan baik, jilbab itu bagus kok,
asal jangan semua dipaksa.

> 3.Yesus sunat dan pakai kain kafan,nah kok podo Islam lagi ki piye.

Memang Islam juga mewarisi ajaran Jesus, tapi sedikit sekali.

Soal tradisi ritual, Jesus nggak pernah mengajarkan tradisi tatacara
apapun. Yg jelas, Jesus masuk rumah ibadah secara teratur, ikut
disunat (dibegitukan orang tuanya ketika Jesus masih bayi, lalu mau
apa? kain kafan juga ).  jadi sunat dan kafan itu juga bukan wajib.
Itu tatacara setempat.

TAPI ada satu saja tatacara yg dia suruh: perjamuan suci, makan dan
minum sebagai perlambang dan memperingati kematiannya yg tragis. Ini
bukan untuk membenarkan dalil penebusan dosanya kristen itu. Justru
sebaliknya. Ini tradisi untuk MENGGANTI tradisi Paskah yg bantai
membantai kambing domba untuk penebusan dosa yahudi itu. Ya spt
tumbal untuk Nyi roro kidul atau danyang Gunung Kawi. Itu khan semua
syirik, malahan menyembah syetan. Makanya diganti dengan tradisi
makan minum secara simbolis, nggak boleh dibukan mistik.

> BTW dia bilang Kristen itu tidak memasang patung Yesus/Maria ning
> kalau Katolik pasang.Juga perayaan Natal itu banyak aliran nasrani
> yang tak merayakan.Lo Gus Dur kok malah ikutan ki piye?

yo embuh. sak karepe gus dur. sing penting indonesia aman damai maju.

pemdun

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM