http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2005/10/19/brk,20051019-68259,id.html

Jusuf Kalla Bantah Bersaing Jadi Presiden pada 2009
Rabu, 19 Oktober 2005 | 22:13 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah penilaian orang
bahwa dirinya terlalu dominan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam
setahun pemerintahan mereka. Pernyataan wapres Jusuf disampaikan saatmenjawab
pertanyaan wartawan tentang munculnya plesetan SBY-JK (Susilo Bawahannya Jusuf
Kalla).

Jusuf Kalla mengaku melakukan berbagai hal untuk menjalankan kebijakan yang
digariskan oleh Presiden Yudhoyono. "Bahwa itu mungkin dianggap tidak lazim itu
karena memang gaya saya,"katanya di Jakarta, Rabu (19/10) malam.

Wapres Jusuf Kalla mencontohkan ketika berperan besar pada proses perdamaian di
Aceh itu juga dilakukan dalam rangka menjalankan kebijakan presiden. "Presiden,
ingin agar konflik di Aceh diselesaikan secara damai. Itu yang saya
jabarkan,"katanya.

Sebagai Ketua Umum Partai Gokkar, Jusuf Kalla mengaku sudah meninggalkan
loyalitas pada partainya untuk negara. Karena itu dia menjamin akan melakukan
tugas kenegaran sebagai Wapres dengan sebaiknya.

Jusuf Kalla juga menepis kemungkinan dirinya maju pada pemilihan umum Presiden
2009. Menurutnya, partai yang besar tidak menjamin calonnya akan memenangkan
calonnya memenangkan pemilihan presiden. "Lihat pemilu kemarin, tidak ada calon
dari partai besar yang memenangkan pemilihan, Tapi, saya dan SBY yang didukung
partai kecil justru menang,"katanya.

Budi Setyarso

++++

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2005/10/19/brk,20051019-68212,id.html

Kalla Akan Tantang Yudhoyono pada 2009
Rabu, 19 Oktober 2005 | 11:48 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku akan maju menjadi
calon presiden pada 2009. "Sebagai kader Golkar, saya punya hak untuk
mencalonkan diri dengan izin Presiden," kata Kalla dalam wawancara khusus,
seperti dikutip AFP, Rabu (19/10).

Ketua umum Partai Golkar itu mengakui, tak mungkin dirinya mencalonkan diri
tanpa izin Presiden. Ia pun mengatakan akan tetap berkonsentrasi untuk
menjalankan tugas sebagai wakil presiden hingga 2009.

"Saya jamin saya akan tetap menjalankan tugas kenegaraan ini dengan serius,"
kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Kabinet Megawati Soekarnoputri
itu.

Ia membantah, hubungannya dengan Presiden Yudhoyono memburuk. "Tak ada masalah
psikologis atau masalah lain. Sekali lagi saya jelaskan hal ini. Hubungan kami
baik, saya selalu berhubungan dengan beliau melalui pertemuan, telepon, atau
yang lainnya. Saya juga selalu memberi laporan kepada beliau," tuturnya.

Dalam wawancara khusus dengan Tempo, Kalla juga menyatakan hal serupa. "Saya
kira tidak ada masalah. Orang melihat kami itu macam-macam. Padahal tidak ada
apa-apa," kata dia soal hubungannya dengan Presiden Yudhoyono. AF

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM