1)Dg dasar apa Yesus dipertuhankan?
Atas pernyataan Allah Bapa sesudah Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembabtis di
sungai Yordan.
Atas pernyataan dia sendir. Aku dan Bapa di sorga adalah satu.
Atas pengakuan murid2nya, termasuk pengakuan Rasul Paulus sesudah dia ditemui
oleh the risen Jesus.
Masih banyak lagi ayat2 yg menjawab pertanyaan anda. Semuanya sudah rapi
dibukukan kira2 th. 70  Masehi.

2) Sejak kapan Yesus menjadi Tuhan...?
Sejak sebelum datang ke dunia. Kedatangannya sbg Immanuel dinubuatkan oleh
berbagai nabi di Perjanjian Lama. BacaInjil Yohanes.

3) Adakah ayat di dlm Injil yg menegaskan dia adalah Tuhan?
Yesus mengatakan bhw Allah Bapa ada dlm-nya dan dia ada dlm Allah Bapa.
Yesus mengatakan kpd perempuan yg berdosa bhw dia adalah Mesias yg ditunggu2
itu.
Yesus berkata kpd murid2nya: "engka berkata bhw aku guru dan Tuhan. kalian
benar!"

4) Adakah pengakuan Yesus sendiri bhw dia Tuhan?
Baca jawaban di #3)

5) Pernahkah Yesus minta disembah ?
Semua
 orang yg bertemu dia, yg mendengarkan khotbah dia, yg melihat dia
melakukan se-abreg2 mujizat menyadari bhw Yesus adalah Tuhan yg patut
disembah. Hanya orang yg tidak PeDe insists on being worshiped. Hormat,
devotion comes from the heart. Mereka yg harus mengancam dan membunuh
untuk dihormati dan disembah jelas bukan orang yg baik, let alone a
prophet or a god.

6) Bgmn dg perintah Yesus ttg Hukum yg Utama -- masih berlakukah?

Perlu
 diingat bhw ajaraan termasuk hukum2 yg disampaikan Yesus bersifat
universil, tidak hanya untuk umat Kristiani! Hukum Yg Utama berkata:
'Kasihilah Tuhan-Allahmu dengan segala hatimu, segala kekuatanmu dan
dengan segala pikiranmu.   Perhatikan Yesus tidak menghendaki blind
faith, makanya diajarkan agar orang memakai hati-sanubarinya sehingga
ajaran yg jelas tidak baik, tidak inclusive, tidak tolerant thdp umat
lain, tidak moral jangan diikutinya. Dia juga menginginkan orang memakai
 kekuatan, ini tentunya termasuk kepandaian dan hartanya. Terakhir dia
juga menghendaki orang memakai akal-pikiran mereka. What do you think -
apakah ajaran yg benar, baik spt ini perlu dibatalkan (abrogated, nasikh-kan)?
Jela hukum ini jauh lebih baik dibanding:  'Bunuhlah mereka yg tidak percaya
kpd Allah ST dn Rasulnya."

7) Bgmn dg pernyataan Yesus bhw dia diutus hanya kpd bangsa Israel saja?
Ada
 baiknya kalau orang menyitasi ayat2 dg benar. Jangan mengebiri ayat2
untuk mencapai agenda terselubung sendiri. Ayatnya berkata: "Aku diutus
(oleh Allah Bapa) untuk menyelamatkan domba2 Israel YG TERHILANG /Sesat."
Yesus jelas tidak diutus untuk menyelamatkan domba2 Israel yg tidak terhilang,
yg mengikuti jalan  = as sirathal mustaqim / perintah Tuhan.

Semua
 agama muncul dan berkembang di suatu wilayah, di suatu budaya dan suku
bangsa - tidak dlm vaccuum. Bayangkan kalau Yesus di Yudea dan Samaria
mengatkan:  *) "Aku diutus untuk menyelamatkan domba2 yg terhilang di
Tapanuli, Minahasa, Ambon,, Ngruki, dsb. Orang2 Yahudi dan murid2nya akan
bengong dan berfikir: "Dia ngomong tentang tempat2 di mana?. Jelas tidak di
sekitar sini. Wah, lebih baik gak usah ikut2 dia. Jelas dia bukan nabi untuk
kami orang Yahudi!" (Ingat Nabi Junjungan dikirim khusus untuk Ummul Qura dan
mereka yg bermukim di sekitarnya. Bedanya Allah SWT mengatakan bhw kepada
setiap umat /bangsa Allah SWT mengirim seorang nabi dari antara mereka sendiri.)

Perlu dingat bhw Hukum Yg Kedua (yg mnrt Yesus sama pentingnya dg Hukum yg
Terutama) : "Kasihilah sesama manusia seperti dirimu!" Please take note bhw
Yesus dlm menyampaikan hukum Tuhan-Allah itu inclusive. Dia tidak membeda2kan
suku bangsa bahkan agama-keprcayaan object dari kasih murid2nya. Heibat, bukan?
Perintah Yesus tidak untuk memerangi, melibas, merubahorang hanya dlm arti dari
yg kurang baik menjadi lebih baik, lebih bersahabat.

You must agree with me that Jesus' teaching is definitely kind, loving,
considerat in the modern parlance perhaps 'Cool'.

Gabriella

*) artinya tidak benar, tidak pernah diucapkan.