 From: SA <susan_t...@yahoo.com>
To: proletar@yahoogroups.com
Sent: Sunday, January 27, 2013 9:02 AM
Subject: R: salib... Re: [proletar] Mat 16:16 - Ajran tolol orang yg mampus
ribuan tahun lalu.

Hehe.. gw kan belon punya waktu utk jawab siapa itu Kristus.Kuran loe nyebutin
orang2 Kristiani "masihiyun" tapi loe kan dungu jadi ga ngerti apa2.
Sana, duduk yang manis, gw jelasin loe.Kristus itu mula2 berasal dari bahaya
Aram, bahasa yang digunakan Yesus dahulu kala, dari kata "masiah" (a apostrof,
s apostrof, i apostrof dan a kecil) yang berarti "Yang Terurapi". Terjemahan
Yunani adalah "Messias" (i apostrof) yang berarti "Kristus" (Khristos),
terjemahan Indonesia: Yang Terurapi.
Setelah runtuhnya bangsa Yehuda/Yuda tahun 587, di mana pemimpin2 mereka adalah
Raja dan Imam, umat Israel lambat-laun merindukan seorang Imam dan Raja yang
ideal yang akan datang suatu ketika, yang disebut Messias, yakni seorang Imam
dan Raja yang Terurapi.
Setelah menyaksikan segala sesuatu yang dilakukan dan dikatakan Yesus, para
muridNya ga segan2 menamakan Dia Messias, artinya Imam dan Raja baru yang
mereka nanti2kan selama ini.
Di dalam Injil Mateus 16:16, Simon Petrus sebagai juru bicara para murid
mengatakan kepada Yesus: "Engkaulah Messias, Putera Allah yang hidup".
Dalam banyak kesempatan bisa dilihat bahwa Yesus membiarkan para muridNya
sendiri menemukan siapa DIA sebenarnya. Yesus membiarkan kata2 dan perbuatanNya
berbicara tentang diriNya.
Jadi Yesus Kristus artinya Jesus, Imam dan Raja yang Terurapi, Dia yang
dinanti2kan selama ini.
Apakah Mamad punya gelar terurapi???

[...]

Di dalam Injil Mateus 16:1, Simon Petrus sebagai juru bicara para murid