Kenapa beli espresso machine ampe ratusan dollar (ini baru entry-medium level.
high end buat home use mah diatas $2000)?
Wahhh, ini sih sama aja dengan pertanyaan "kenapa beli ALPHARD yang harganya
berkali lipat dari APV?" padahal kan fungsi utamanya sama, mau ke rumah mertua,
mau ke supermarket, mau ke airport tetap sampai.

Terlalu ribet kalo mau ngomongin apa aja yang bisa dilakuin mesin espresso yang
bagus, dibanding dengan mesin otomatic murahan.

Lagian ya, ga semua orang suka kopi tubruk. Gua suka kopi klasik yang basenya
espresso, kaya capucino. Dan buat pecinta kopi beneran, kopi instant yang kita
beli di supermarket itu haram hukumnya hehe
Good coffee (freshly roasted, ga lebih dari 2-3 minggu) itu ga butuh gula lagi,
soalnya udah berasa manis. Kalo yang ada disupermarket umurnya udah bulanan,
bahkan tahunan.

Buat gua (dan para barista) proses bikin kopinya itu kita enjoy, bukan beban.
Jujur aja, kalo ada tamu main kerumah, yang pertama gua tanyain pasti "mau kopi
apa? latte? capucino? hot coklat (bukan kopi sih, cuma susunya tetap harus
disteam biar enak)? mau pake caramel, vanilla sirup juga ada..."