yg ini saya sepakat sama nub.

menurut saya, orang2 yang doyan ngopi di starbuck karena alasan enak
nongkrongnya, itu sih bukan penikmat kopi sejati.
starbuck itu sebenernya cukup enak kok kopinya, tapi espresonya loh. hasil
espresonya starbuck itu memang enak, apalagi dia punya tingkat kematangan
(roasting) yang unik, itu makanya dia laku buat penikmat kopi sejati. kalo
buat tukang nongkrong ya memang starbuck menggunakan siasat dengan
menyediakan kopi yang lebih ringan, yang pake susu, pake alpokat, dsb.

selain starbuck, bengawan solo juga enak espresonya. bagi yang udah ngerti
manfaat mesin espreso dan rasa dari mesin espreso yang kualitasnya bagus,
pasti akan mengejar cita rasa espreso sampai dimanapun.

tapi bagi saya, espreso dan kopi tubruk sama2 enak. apalagi kopi tubruknya
itu kopi toraja dan kopi dari wilayah sumatra utara, hasilnya bisa jauh
menandingi rasa espreso.