Sebenarnya sih kagak pernah baca posting dia sebelumnya, tapi kesimpulan kang
Suryana benar juga, orang ini memang dogol.

Bisa disimpulkan juga bahwa orang ini, seandainya kuliah juga, bukan berasal
dari jurusan teknik. Ada kemungkinan juga sepasang bola matanya itu bukan
sepasang bola mata, tapi sepasang baso. Mengingatkan kata-kata guru bahasa
Jerman saat SMA dulu yang orang Ambon selalu bilang: "Itu mata apa baso,
Meneer?" Ini terjadi kalau ada salah baca atau salah pelafalan kata dalam
bahasa Jerman.

Dia kira Logic Circuits itu matakuliah jurusan sosial macam 'basic logic
course'. Dulu sewaktu di Bandung, saat-saat mau lulus kami dapat tambahan
matakuliah pilihan macam Psikologi yang pengajarnya dosen Unpad.
Ternyata matakuliah sosial kayak gini enteng bener, cuma ikut kuliah, belajar
sedikit dan ikut ujian sudah bisa dapat level yang tertinggi.
Sewaktu SMA dulu, pelajaran bahasa Jerman selalu dapat 10 di kelas, karena
sejak kelas satu SMA sudah ikut kursus di Goethe Institut. Sewaktu ujian bahasa
Jerman level S1 Goethe Institut gua dapat predikat 'gut' yang paling tinggi di
kelas karena ada oom-oom yang bisa bahasa Belanda juga cuma dapat level yang
sama, bukannya 'sehr gut'. Sewaktu tingkat I dulu gua dapat angka paling tinggi
seangkatan (populasi hampir 1500 orang) untuk matakuliah bahasa Inggris. Jadi
terus terang kalau matakuliah-matakuliah sosial begitu ibaratnya buat gua bisa
dilakukan sembari ngicep saja, istilah bahasa Sundanya seperti yang suka
diberikan oleh guru Kimia SMA dulu.

Dalam konteks kebenaran, gua kagak ngomomg kebenaran ABSOLUT karena kebenaran
ABSOLUT itu bersifat ideal. Bisa dilihat dalam banyak hal ada dewan juri dengan
sistem penghitungan suara dan ini mewakili kebenaran. Gitu aja kok repot.

Memang susah kalau berhadapan dengan orang-orang dogol yang cuma mengandalkan,
ini seandainya juga pernah, ikut matakuliah-matakuliah jurusan sosial.

Pantesan juga teman-teman gua satu almamater selalu memandang rendah
orang-orang itu.