Kata si Mumus:
"Yesus itu nama laen dari zeus,herkules,jupiter&uranus asal dari eropa
greek&roman...bukan datang dari Asia tempat lahirnya agama2 besar"

--- Oyyyy... tidak ada agama yg orisinal. Ajaran Islam dipengaruhi
Kresten/Yahudi dan kental banget budaya arabnya. Kresten kuat YAhudinya. Yahudi
terpenguh Zoroaster. Zoroaster mungkin dipengaruhi si Akhenaten dari Mesir yg
danggap orang pertama yg mengenalkan monotheisme.

Abraham denger2 datang dari Ur (Sekarang masuk Irak) dan dianggap bapaknya
agama samawi. Mungkin saja si Abraham ini sebetulnya brahmana dari India yg
namanya kepleset jadi Abraham.

LAlu apa anehnya kalo Kresten terpengaruh pagan? GAk aneh sama sekali. Kalo
kita mau bicara bebas yg pake otak bukan pake pantat, justru orang KResten
beruntung karena si Paulus yg membawa ajaran si gondrong ke Eropa.

Agama YAhudi, Kresten awal dan ISlam itu sebetulnya agama kampungan. Yahudi itu
lahir dari sebuah bangsa penggembala. Kresten itu datang dari seorang anak
tukang kayu, dan ISlam datang dari bangsa nomaden. Lu mau bantah gimanapun,
kualitas penggembala dan nomad ya sangat terbatas.

Sementara di Eropa itu banyak orang2 pintar seperti Plato dan Socrates. Lu
tinggal bandingin aja kitab torah dan alquran dengan pemikiran2 mereka.  Dan
dari pemikiran merekalah lahir berbagai ilmu pengetahuan yg kita gunakan
sekarang. Sementara kitab2 samawi ya masih dipake buat spiritual aja.

Bahkan mitologi Yunani/Romawi jauh lebih rumit dan "dalam" (yg menunjukkan
kualitas) dibanding cerita2 di kitab samawi. Kalo di Asia mungkin setara sama
kisah2 MAhabrata dan RAmayana nya Hindu.

Kresten Eropa (karena sebetulnya ada juga kresten Asia tapi gak berkembang
seperti agama Gnostik yg kemudian dilindas oleh romawi) tentunya harus punya
standar yg tinggi sebelum masuk eropa.

Disinilah peran Paulus. Paulus lah yg akhirnya mengemas ajaran kampungan
Kresten menjadi lebih berbobot. Paulus memiliki kelebihan sebagai warga Roma
keturunan Yahudi. KEturunan YAhudi di Eropa adalah orang2 elit karena biasanya
kaya dan berpengetahuan luas.

Saya kasih contoh soal wajib sunat dan haram babi. Dua hal yg jelas2 udah gak
masuk akal di jaman modern ini. Dan karena Paulus, ajaran Kresten menjadi tetap
aplikabel di jaman modern.

Kita gak tau apa yg sebenernya diajarkan YEsus, tapi kita tau, Pauluslah yg
membuat ajaran Kristus yg kita kenal sekarang.