kalo pinjem contoh alien yg sering digambar film ato
cerita "khabarnya" itu, telepati seharusnya "upgrade"
terhadap sistem maupun fungsi komunikasi yg developed.

maka itulah -mungkin- terdapat atau sebahagian manusia
yg berkesan ngotot mempertahankan "ke-purba-an" mereka
atas nama kemanusiaan (plus "di dunia fana ini) yg merasa
paling punya naluri, selain eksistensi "purba" sbg marga.

salah satu naluri yg dianggap berkemanusiaan (untuk bikin
beda dgn "hewani") ya .. bisa jadi perkara romantis itulah.
tentu berikut ritual dan pernik2 jasmani + peran inderawi,
sehingga romantisme emang rada absurd klo pake telepati.
lah .. lantas dimana dan gimana peran "bahasa kalbu"?

maka itulah sang awewe paling sebel kalo si pangcu jadi
lebih hidup mengurus jadwal tim barcelona ato top eleven,
bisa lantaran segala unsur romantisme pangcu lagi di situ.

sementara awewe masih mengharap sosok pangcu 10 taonan lalu
yg masih rajin turun gunung bawa coklat dibungkus daon kelor
berbentuk hati, sembari berharap diiringi ujan geledek saat
sabar menunggu di samping tiang listrik hingga awewe tergopoh
keluar dari pintu belakang rumah tanpa payung .. berpelukan

"woooooww", kata para teletubies sambil salto

(dan "urang rumah" ngamuk kalo gw langsung interupsi begini
saat doi kepergok ngusap pipinya yg basah akibat artis korea)