Setidaknya ada pemikiran positif. Sudah terlalu lama
bangsa ini kehilangan pemimpin yang berpikir positif untuk
kepentingan orang banyak. Paling banyak ya pemimpin
berpikiran sempit yang mendahulukan kepentingan dirinya
dan kelompoknya macam kasus Demokrat & Cebongan ini.

Sebagai negara bebas-aktif, tidak sepatutnya Indonesia
berpihak dalam konflik AS di mana pun, terutama sekarang ini
di Asia-Pasifik / Timur-jauh. Kabar terakhir, pemerintah
Korut sudah meminta perwakilan asing, termasuk KBRI Pyongyang,
untuk meninggalkan Korea Utara.

Di tanah-air, Indonesia harus menjamin tetap terbukanya
Selat Malaka dan 3 alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) bagi
pelayaran internasional. Menjaganya agar tidak jatuh ke blok
mana pun, terlebih blok Barat yang dengki dengan perdagangan RRC.