On 15 Dec 2005, at 18:50, Dody Suhendra wrote:

> Kalau tidak mengerti, maka tidak usah berkomentar. Ibnu Hibban itu tidak
> pernah ada di dalam daftar periwayat hadits (Bukhari, Muslim, Tarmidzhi,
> dst). Maka hadits itu tidak akan pernah ada.

   Saya ulang: hadits itu MUSTAHIL ada yang sahih...

    A (Bukhari, Muslim dll. ) katanya mencatat omongan B yang
    nguping dari C yang diceritain D yang denger dari E dst.dst. yang
    hidup lebih dari seratus tahun sebelumnya...

    Ya MUSTAHIL lah yaauw ada yang sahih...

    Dan TIDAK ada bukti bahwa A itu memang mencatat omongan B, dan
    tidak ada bukti B memang pernah nguping dari C dan tidak ada
    bukti C memang pernah diceritain oleh D dan tidakada bukti D
    memang pernah denger dari E dst.dst.

    Semua itu hanyalah omongan orang Arab  yang tidak berbukti.

> [...]
> iya emang gitu tuh, ada hadits janggal, masa di zaman itu nanyain email.
> Padahal periwayatnya tidak jelas.
>
> Anda bilang hadits itu sering menimbulkan tanda tanya di hati, seringkah
> Anda dengar? saya sudah puluhan tahun hidup baru kali ini saya dengar ada
> hadits seperti itu. Seorang muslim yang masih duduk di SMP saja saya yakin
> tahu hadits itu palsu, jadi kalau Anda ini bukan muslim, ya ngomong aja
> terus terang, bahwa Anda benci Islam dan Anda pengen menghancurkan citra
> Islam dengan mengarang hadits bodong seperti itu. Make it simple.

Know an art & music fan? Make a donation in their honor this holiday season!
http://us.click.yahoo.com/.6dcNC/.VHMAA/Zx0JAA/uTGrlB/TM