________________________________
 Dari: pinpinyuliansyah <pinpinyulians...@yahoo.com>
Kepada: proletar@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 27 Juli 2013 8:38
Judul: [proletar] Re: Please Deh ...(Pinpin itu jelas dungu dan sudah nggak
waras ...)

pesantren itu apan dari pa - santri - an , ke - satria - an, kurang lebihnya
sama lah dengan perkumpulan perguruan shaolin atawa kalau di novel kho ping hoo
mah apan kita kenal swa lim pay , bu tong pay ... dan "pesantren" itu nddak
dikenal di dalam kehidupan arap.

Sampai sini ngarti kan plik ?

Saya memandang islam bukan sebagai muhamadanism. Artinya, saya nddak terlalu
mempedulikan kehidupan pribadi muhammad yang notabene mau nddak mau suka nddak
suka adalah produk dari lingkungan saat itu. dalam frame waktu dan koteks saat
itu.

saya memandang Islam sebagai runtutan dari muhammad - isa - nuh - ibrahim -
syueb - harun - dllsb. utuh.

Apakah Islam hanya untuk orang arab ? An sich uplik berkata benar, tapi apanan
FAKTA nya hari ini, Masyarakat muslim di arap itu cuma sekitar 15% dari
masyarakat Muslim secara keseluruhan. Sebagian besar muslim malah ada di luar
arab. khususnya di Asia. dan Indonesia adalah salah satu komunitas Islam
terbesar di dunia.

saya orang sunda. komunitas suku ini kurang lebih apanan 34 Juta jiwa. beberapa
kali lebih banyak dibanding seluruh penduduk singapura dan mayoritas orang
Sunda beragama Islam.

Apakah Islam yang berkembang di Sunda identik dengan Islam wahabi ? Jawabnya
apanan tidak.

Sejak jaman "ONO", apanan sekian banyak non Muslim, penduduk non pri ( Baca ;
China ) yang hidup tentrem di tanah parahyangan. Bahkan apanan salah satu sunan
yang menyebarkan agama Islam di Indonesia jelas jelas punya Istri orang China.
Uplik kenal Kian San Tang ? Itu apanan bukan nama Sunda. Itu nama China.

Masalah sekarang mulai merebak ajaran wahabi di Indonesia, mbok ya janan
disamakan dengan Islam yang berkembang di Sunda yang selama ini apan terkenal
sangat toleran bahkan keberadaan "greja Pasundan" aja apan berkembang cukup
baik.

Sampai sini dulu deh.

Okeh ?