Gini ya dek, bawa kendaraan di jalan itu ibarat
membawa diri di kehidupan; bawa diri lu sembarangan
maka lu dibogem mentah-mentah sama kehidupan.

Jalanan itu untuk orang yang sudah bisa membawa /
mengendalikan kendaraan. Jadi, oranglah yang bawa
kendaraan, bukan dibawa lari motor atau mobil seperti
yang baru belajar nyetir. Untuk yang begini, di
kendaraannya perlu dipasang tulisan: "belajar". Atau,
berkeliaranlah dengan seragam SMP-SMA.

Nah, apapun kendaraannya (boleh dibaca: sekalipun
tampilan lu kumis melintang sampe kacamata item), kalau
masih terhasut bisikan yang mustahil ya percuma. Sebab,
itu nunjukin dia bukan orang yang bisa mengendalikan diri.
Masih membiarkan dirinya dikendalikan bisikan setan untuk
masuk gang sempit pake mobil gede.

Untuk itu, adek cukup bisikin balik dengan ramah, "Lu aja
ama keluarga lu lewat jalan tikus, sana." tanpa harus
bernyinyir-ria soal ayam, kambing, segala macem yang
sebenernya cuma berkeliaran di kepala adek sendiri. Soal
"preman kampung", sedolar dua dolar mah nggak bakal nyebabin
si mobil gede bangkrut seumur hidup.

Itu soal bawa kendaraan dek.

Masalahnya, elu numpang taksi, tinggal nyemplak di jok aja
kagak becus. Sampe diusir-usir sopirnya segala. Trus gimana
lu mau bawa diri lu di Jl. Raya Kehidupan?

Nyemplak di kumis orang?