--- In proletar@yahoogroups.com, David Silalahi <davidfr766hi@...> wrote:

> tulisan saya sebelumnya memang bisa menunjukkan saya experience, tapi
> saya enggan disebut ahli. ada perbedaan antara experience dan ahli.
> experience bisa diartikan sudah tahu pahit manisnya, sedangkan ahli
> itu bisa diartikan sudah sedikit tingkat kesalahannya/tingkat
> errornya. disinilah letak kesalahan anda membaca tulisan saya, anda
> menganggap saya mengklaim diri saya ahli.

anda menggiring audience seolah anda lebih berpengalaman dan lebih ahli
dibanding Yeddy dan Johny. dan itu bukan bahasa kias. itu bahasa sangat jelas
saat anda meng kritisi Teddy dan Johny seolah anda jauh lebih ahli dan
berpengalaman dibanding mereka berdua. tidak ada kesalahan dalam memahami
tulisan anda, kecuali anda sendiri yang tidak paham tentang apa yang anda tulis.

> saya menyebut johny itu lebih mirip pemula karena dia kurang
> experience dalam mengenal copy trader.

Setahu saya Johny memang pemula di bisnis ini, namun saya yakin, sangat yakin,
Johny akan sangat cepat belajar dan beradaptasi. Dan dia mah emang punya modal
mental dan kecerdasan yang jauh dari mencukupi ( dibanding anda tentunya ).

seorang yang experience, yang
> sudah kenal pahit manisnya, akan lebih percaya dirinya sendiri
> dibandingkan orang lain. itulah sebabnya saya menyebut teddy itu
> experience, karena teddy sudah menyatakan soal etoro itu ia tidak
> tertarik karena soal uang tidak mudah untuk mempercakan pada orang
> lain. ini adalah pemikiran yang benar.

Teddy benar dalam posisi nya, dan Johny juga benar sebagai pemula. Konyol kalau
sebagai pemula langsung percaya pada diri sendiri, saya menganalisa langkah
Johny benar. Tiru ...amati...Modifikasi. Metode duplikasi di awal belajar
adalah cara paling aman dan murah. napain banyak mikir, mending ikutin aja dulu
"permainan" orang orang yang jelas jelas punya pengalaman dan keahlian ...
percaya aja dulu sama orang yang dianggap lebih pengalaman dan lebih ahli...
sambil diamati...sambil dimodifikasi ... sampai akhirnya bisa mandiri dan bisa
ambil keputusan sendiri.

di sini saya kenapa bilang Johny akan cepat belajar. Karena hanya orang yang
tidak waras yang langsung "percaya diri" padahal jelas jelas baru masuk ke
arena yang relative baru.

> jadi saya tidak menyebut diri saya atau teddy ahli, melainkan saya ini
> sudah memiliki pengalaman disana dan saya yakin teddy juga sudah
> pengalaman yg terlihat dari penilaiannya tentang sesuatu.

Itu hanya memperjelas sebuah realita bahwa teddy punya pengalaman dan kemudian
"berhasil" memboyong Audi. Sedangkan anda punya pengalaman naun tak berhasil
memboyong apapun. prediksi saya begitu. dengan tingkat kepercayaab 75%. Anda
lebih banyak pahit nya dari bisnis ini dibanding manis nya.

> sekali lagi, experience beda dengan ahli.
>
> anda sangat ngawur, mendingan jauhin diri deh bicara soal manajemen.

untuk menjadi seorang ahli, maka seseorang butuh proses, butuh jam terbang,
butuh pengalaman. namun jika seseorang mengaku berpengalaman ( seperti anda )
namun tak jua menjadi seorang ahli ... itu artinya anda GAGAL belajar dari
pengalaman anda.

pertanyaannya sederhana : Ketika Teddy berhasil memboyong sebuah audi, anda
sudah berhasil membeli apa ?

sesederhana itu.

karena dalam bisnis itu yang dilihat adalah bukti faktual. bukan claim "Saya
punya pengalaman lho .... gelar saya banyak lho .... saya ikut seminar di sana
dan di sini lho ..."

Suatu hari dengan bangga saya pulang ke Bandungdan bercerita bahwa saya baru
saja pulang dari Asean Convention dan punya pengalaman berbicara di depan
sekitar 6000 audience. Temen saya dengan cu-x cuma bertanya "Rekening di bank
sekarang ada berapa IDR ? Berapa Dollar ? "

saya diem.
saya mah cuma bawa oleh oleh photo sama selembar sertifikat.
temen sayamah apan tanpa banyak ngopmong udah beli Fortuner 1 biji. Cash !

Speak by Faktual.